Berita Banjarbaru

Warga Landasan Ulin Ngeluruk ke BPN Banjarbaru, ''Bayar Rp1Juta Sertifikat Belum Selesai Juga'

Puluhan warga dari RT 09 RW 03 Kelurahan Landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru ramai-ramai mendatangi kantor BPN

Warga Landasan Ulin Ngeluruk ke BPN Banjarbaru, ''Bayar Rp1Juta Sertifikat Belum Selesai Juga'
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Warga Landasan ulin datangi kantor BPN Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Suasana berbeda terjadi di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarbaru, Senin, (18/3) siang.

Puluhan warga dari RT 09 RW 03 Kelurahan Landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru ramai-ramai mendatangi kantor ini.

Mereka mengadukan persoalan nasib sertifikat tanah mereka yang masih belum selesai, meski mereka sudah memberikan biaya pembuatan sertifikat tanah itu.

Puluhan warga ini datang ke BPN mencari kejelasan soal sertifikat tanah yang dijanjikan oleh oknum aparat dikelurahan mereka.

Satu di antara warga, Haryanto mengatakan surat sertifikat tanah yang dijanjikan sampai sekarang belum kita terima.

"Kami diminta biaya Rp 1,5 juta. Sudah dibayar satu juta, sisanya dibayar saat sertifikat sudah selesai," kata Haryanto.

Baca: Haul ke-14 Guru Sekumpul Juga Digelar di Hadramaut, Yaman, Ratusan Orang Hadir

Baca: Cuma di Kota Banjarbaru Nongkrong di Hotel Bintang 4 Plus Kuliner Khas Cuma Rp 15 Ribu

Baca: Gisella Anastasia Diajak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Isi Soundtrak Film, Simak Suara Merdunya

Biaya itu, diminta oleh oknum aparat untuk urusan mengurus sertifikat tanah. Namun hingga menunggu beberapa tahun lamanya sertifikat tidak kunjung selesai.

Warga lainnya, Bainah mengatakan pembayaran dan proses sertifikasi itu sudah cukup lama.

"Makanya kita ke sini. Karena tidak jelas bagaimana hasilnya," ujarnya dengan nada kecewa.

Pihaknya juga baru mengetahui baru-baru ini bahwa proses sertifikasi tanah tersebut merupakan program gratis dari pusat.

"Awalnya kita tidak tahu bila gratis. Saya sudah setor satu juta juga untuk urusan itu. Tapi sekarang tidak ada menerima sertifikatnya" tambah Bainah.

Sayangnya, berniat menyampaikan keluhan mereka ke kantor BPN Kota Banjarbaru untuk mendapat penjelasan, justeru tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

Saat mereka datang, Kepala Kantor BPN Banjarbaru, Yanuari sedang tidak berada di tempat. Warga pun diminta bersabar untuk menunggu kejelasan soal keluhan mereka.

Sejumlah awak media yang meminta keterangan dari BPN Banjarbaru juga tak mendapat jawaban.

Diketahui bahwa, Kepala Kantor BPN Banjarbaru sedang menghadiri acara di Banjarmasin. Sedang melakukan Rapat Kerja Daerah di Banjarmasin Senin, (18/3) hingga Selasa, (19/3). (aprianto/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved