Berita Kotabaru

43 Sekolah di Kotabaru Mendapat DAK Miliran Rupiah, Kejaksaan Ingatkan Hal Ini

Kejaksaan Negeri Kotabaru ingatkan kepada pihak sekolah agar pembangunan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk bidang pendidikan, harus sesuai.

43 Sekolah di Kotabaru Mendapat DAK Miliran Rupiah, Kejaksaan Ingatkan Hal Ini
BANJARMASINPOST.co.id/man hidayat
Sosialisasi Kejaksaan Negeri Kotabaru terkait penggunaan DAK kepada pihak sekolah penerima, Selasa (19/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kejaksaan Negeri Kotabaru ingatkan kepada pihak sekolah agar pembangunan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk bidang pendidikan,haru sesuai.

Pasalnya, jajaran Kejaksaan akan melakukan pendampingan TP4D kepada sekolah. Selain itu untuk mengarahkan agar tidak melakukan penyalahgunaan anggaran pembangunan dan tidak ragu-ragu untuk membangun.

Hal ini diungkapkan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kotabaru, Agung Nugroho usai sosialisasi di aula Dinas Pendidikan Kotabaru, Selasa (19/3/19). Dia mengatakan untuk penggunaan DAK tersebut harus dikerjakan dengan benar.

"Artinya dana DAK di Disdik ini kita kawal dan dampingi agar benar-benar terlaksana dengan benar karena ini uang negara," katanya.

Baca: Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, 15 di Bulan Rajab, Simak Keutamaan dan Pahalanya

Baca: Suami Syahrini, Reino Barack Tak Bahagia Diungkap Sosok Ini, Tergambar Saat Eks Luna Maya Begini

Baca: Pengakuan Tak Terduga Vanessa Angel yang Terjerat Prostitusi Artis Soal Putus dari Bibi Ardiansyah

Baca: Visi Misi Bupati dan Wabup Tabalong, Perbanyak Pembangunan yang Langsung Menyentuh Masyarakat

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru, Slamet Riyadi, mengatakan peserta yang diundang ada sebanyak 43 sekolah. Ada yang dari TK, SDN dan SMP.

"Ada juga yang belum mendapatkan dana DAK. Ini sesuai pengusulan dan pemberkasan, bila lengkap bisa mendapatkan bantuan DAK. Jadi yang belum masih bisa mengusulkan untuk tahun selanjutnya," katanya.

Dia menjelaskan, DAK Fisik 2019 ini, pihak sekolah akan melaksanakan dengan swakelola. Namun tetap harus sesuai dengan aturan dan tidak menyalahi aturan.

"Untuk DAK tingkat TK ada sebanyak 9 sekolah penetima dengan anggaran Rp 1.776.367.000. DAK untuk tingkat SDN ada 24 sekolah dengan anggaran Rp 7.236.394.000 dan DAK untuk SMPN sebanyak ada 10 sekolah dengan anggaran Rp 2.883.480.000," katanya.

Dia juga menjelaskan, dana DAK ini bisa berkelanjutan bila pembangunanya selesai dan dianggap berhasil. Sebaliknya, bila dianggap kurang, bisa jadi tahun selanjutnya tidak mendapatkan bantuan lagi.

Baca: Hasil Drawing Perempatfinal Piala Presiden 2019, Persija vs Kalteng Putra, Persebaya vs PS Tira

"Data mereka memang harus diisi dengan benar karena itu online. Jadi kami sudah sarankan semuanya mengajukan namun masih ada yang belum menerima dan itu diusahakan di 2020," katanya.

Sementara untuk pembangunan fisik dana DAK ini lebih banyak ke arah pembangunan ruang kelas baru dan rehabilitasi bangunan. Sebab, kerusakan masing-masing sekolah memang bervariasi ada yang ringan hingga berat.

"Jadi dana DAKnya sesuai kebutuhan masing-masing sekolah," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved