Berita Banjarmasin

Alarm Darurat Mercure Banjarmasin Mendadak Berbunyi, Karyawan Berlarian, Ternyata Simulasi

Berselang 1 menit tim manajemen bergerak berkumpul menuju ruangan krisis yang dipimpin langsung oleh Sugiharto selaku General Manager.

Alarm Darurat Mercure Banjarmasin Mendadak Berbunyi, Karyawan Berlarian, Ternyata Simulasi
BANJARMASINPOST.co.id/salmah
Simulasi evakuasi kebakaran yang digelar menajemen Hotel Mercure Banjarmasin melibatkan seluruh karyawan, Selasa (19/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tiba–tiba alarm tanda darurat berbunyi di seluruh ruangan Hotel Mercure Banjarmasin dan terlihat tim dengan pakaian bertulis engineering berlari menuju ruangan yang diduga sumber penyebab bunyi alarm.

Berselang 1 menit tim manajemen bergerak berkumpul menuju ruangan krisis yang dipimpin langsung oleh Sugiharto selaku General Manager.

Keadaan hotel sedikit mencekam saat Sugiharto memerintahkan timnya melakukan evakuasi setelah mendapatkan informasi dari Chief Engineering bahwa ada satu ruangan dinyatakan positif mengeluarkan asap. Seluruh karyawan berlarian menuju jalur evakuasi atau titik kumpul.

Demikian adegan simulasi evakuasi kebakaran yang digelar pihak Mercure Banjarmasin. Hotel yang dikelola manajemen Accor Hotels ini sangat peduli terhadap masalah keselamatan, baik keselamatan para tamu maupun karyawan.

Baca: Kunjungan Kedubes Finlandia dan Estonia tak Bisa Dimanfaatkan Bisnis To Bisnis, Ini Kata Gubernur

Sugiharto, General Manager Hotel Mercure Banjarmasin, mengatakan, selain memberikan pembekalan materi manajemen juga melaksanakan pelatihan Fire Evacuation Drill atau simulasi penyelamatan kejadian darurat kebakaran kepada semua karyawan tentang cara evakuasi.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa keselamatan tamu dan semua karyawan yang berada di area hotel adalah penting buat kami," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa pelatihan evakuasi dilakukan dengan melibatkan semua karyawan, tujuannya untuk memastikan semua karyawan memahami prosedur penyelamatan sesuai dengan standar Hotel Accor dan keselamatan kerja.

Simulasi evakuasi kebakaran ini meliputi Fire Fighting (pemadaman), Rescue (penyelamatan), First Aid (pertolongan pertama), Evacuation (evakuasi) dan Administration (administrasi).

Tidak menutup kemungkinan kejadian sepert ini dapat terjadi kapanpun dan tidak terencana.

Baca: Warga Masih Mengungsi, Logistik untuk Korban Puting Beliung di Pulau Sembilan Dikirim Pakai Kapal

Simulasi ini juga membuktikan bahwa seluruh sistem keamanan di hotel seperti alarm kebakaran dan seluruh sistem lampu berfungsi dengan baik dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tamu yang menginap maupun berkunjung.

"Kami sebagai manajemen sangat perduli akan keselamatan karena itu kami tidak mau main-main dengan hal ini. Selanjutnya kami akan terus melakukan pelatihan rutin agar setiap karyawan memahami tindakan apa saja yang harus dilakukan, siap dan cepat tanggap kondisi apapun jika terjadi situasi darurat di tempat mereka bekerja," tandas Sugiharto.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved