Berita HSS

Bangun Landfill dan Kolam IPL, TPA Baru Difungsikan, Pemkab Undang Pasukan Oranye Bintek Adipura

Upaya Pemkab Hulu Sungai Selatan meraih kembali piala Adipura, terus dilakukan dengan membangun Tempat Pembuang Akhir (TPA) sampah baru di Desa Sungai

Bangun Landfill dan Kolam IPL, TPA Baru Difungsikan, Pemkab Undang Pasukan Oranye Bintek Adipura
HO/Dinas Kominfo HSS
Pasukan kebersihan taman dan pasukan kebersihan sampah kota Kandangan, saat mengikuti rapat bimbingan teknis Adipura, Selasa (19/3/2019) di ā€ˇGedung Pramuka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Upaya Pemkab Hulu Sungai Selatan meraih kembali piala Adipura, terus dilakukan dengan membangun Tempat Pembuang Akhir (TPA) sampah baru di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya.

Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS Ika Aguspiannor, Selasa (19/3/2019) menyatakan, saat ini pembangunan TPA sudah tahap penggalian landfiil.

“Selain penggalian landfill, juga sedang membuat kolam instalasi pengelolaan limbah (IPL) ,”jelasnya  saat dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id.

Dijelaskan, seperti halnya TPA di Desa Malutu yang kini sudah over kapasitas, TPA baru dibangun dengan fasilitas sesuai standar persyaratan pengelolaan sampah akhir. Antara lain, sanitary landfill, kolam IPL, jembatan timbang, garasi alat berat, rumah pengolahan kompos, gudang pemilahan, Kantor TPA serta sumur pantau dan lainnya.

Baca: ULM Dapatkan Akreditasi A, Rektor Sutarto Hadi Sujud Syukur, Target Raih Akreditasi International

Pembangunan TPA baru tersebut ditargetkan selesai sebelum penilaian Adipura tahap 1 2019. Wakil Bupati HSS  Syamsuri Arsyad di sela rapat bimbingan teknis (Bintek) Adipura P1, yang digelar Dispera KPLH  siang tadi mengungkapkan,hasil peninjauan beberapa kali ke lokasi, TPA baru bisa segera difungsikan  sambil dilaksanakan penyelesaian pembangunan lainnya.

“Sekarang sudah proses pembelian stik membram ke Surabaya, Jawa Timur,”katanya.

 Dijelaskan, tim sudah melakukan verifikasi dan meminta kualitas terbaik. “Insya Allah dalam waktu 15 hari ke depan, TPA baru bisa difungsikan,”katanya. Sementara, menyambut persiapan penilaian Adipura P1 atau penilaian tahap pertama, Pemkab HSS melaksanakan Bintek titik pantau di Gedung Pramuka. 

Bintek tersebut mengundang pihak DInas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, dalam rangka pembinaan ke daerah-daerah kabuipaten/kota.

Kegiatan Bintek dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry, Wabup HSS Syamsuri Arsyad itu juga mengundang tim pasukan kebersihan taman kota dan tim kebersihan sampah kota atau dikenal pasukan oranye.

Pengendali Dampak Lingkunagan Hidup, Dinas LH Kalsel HAsbiani, menyatakan yakin, HSS  mampu meraih Adipura tahun ini, karena Kota Kandangan saat ini lingkungannya sudah bersih, sehat dan penuh penghijauan.

Baca: Ebon, Terdakwa Pembunuh Levie Prisilia Divonis 13 Tahun Penjara oleh Majelis Hakim PN Martapura

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved