Berita Banjarmasin

BPN Kota Banjarmasin Deklarasikan Pencanangan Zona Integritas, Akan Serap Saran Masyarakat

Setelah berbagai instansi lainnya, giliran Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarmasin deklarasikan Pencanangan Zona Integritas

BPN Kota Banjarmasin Deklarasikan Pencanangan Zona Integritas, Akan Serap Saran Masyarakat
banjarmasinpost.co.id/acm
Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin saat tandatangani Deklarasi Pencanangan Zona Integritas BPN Kota Banjarmasin, Selasa (19_3_2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah berbagai instansi lainnya, giliran Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarmasin deklarasikan Pencanangan Zona Integritas, Selasa (19/3/2019).

Berlokasi di Kantor BPN Kota Banjarmasin, deklarasi ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Inspektur Jenderal Wilayah I ATR/BPN, Gusmin Tuarita, Kakanwil BPN Kalsel, Ginanjar, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Kepala Kantor BPN Kota Banjarmasin, Darman Hutasoit dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Kota Banjarmasin lainnya.

Dengan komitmen ini, Darman menegaskan pihaknya akan melakukan pembenahan dan perbaikan pelayanan publik dengan mengacu pada masukan dari publik.

Hal ini dilakukan dengan menggelar rapat melibatkan pihak Ombudsman, tokoh masyarakat dan pensiunan Kantor BPN yang ada di masyarakat dan dinilai mengerti pandangan persepsi masyarakat terhadap BPN.

Baca: Tawaran Jet Pribadi untuk Ustadz Abdul Somad Demi Pemakaman Ibunya, Prabowo dan Kapolri Kirim Bunga

Baca: Ancaman Nia Ramadhani pada Mikhayla Soal Ini, Ardi Bakrie Sempat Ungkap Kekecewaan

Baca: Jadwal dan Link Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, Simak Syarat dan Tes Bagi Calon Mahasiswa

Baca: Sikap Aneh Luna Maya Saat Menang Penghargaan Disorot Pakar Ekspresi, Berkait Syahrini-Reino Barack?

"Pencanangan ini ikrar untuk melayani lebih baik, tentunya tidak dibarengi keinginan memperoleh sesuatu. Kedepan dilakukan perbaikan atas yang sudah ada. Titik berat keinginan dari masyarakat akan disesuaikan agar kepuasan versi masyarakat tercapai," kata Darman.

Inspektur Jenderal Wilayah I ATR/BPN, Gusmin Tuarita, nyatakan Kantor BPN Banjarmasin merupakan titik strategis dimulainya zona integritas, karena di area kerjanya di Wilayah I yang ditanganinya, BPN di Kalsel termasuk yang jumlah laporannya rendah di banding Provinsi lainnya.

"Kami harap dengan pencanangan ini, BPN Kota Banjarmasin bisa menginspirasi dan menjadi cambuk penyemangat bagi 13 Satuan Kerja lainnya di Kalimantan Selatan (Kalsel)," kata Gusmin.

Kakanwil BPN Kalsel, Ginanjar nyatakan pihaknya memang terus dukung BPN Kota Banjarmasin sebagai lokasi pencanangan Zona Integritas, sebab BPN Kota Banjarmasin menjadi kantor dengan volume pelayanan yang relatif paling besar di banding 13 Satuan Kerja lainnya di Kalsel.

"Di Kantor BPN Kota Banjarmasin volume permohonan 2.000 sampai 2.500 sebulan. Kita pastikan ini akan dituntaskan sebagai Zona Integritas, dimulai dari niat. Selamat kawan-kawan kami bangga karena ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu masyarakat Banjarmasin," kata Ginanjar.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengapresiasi komitmen BPN Kota Banjarmasin dalam pencanangan tersebut yang menambah jumlah instansi yang deklarasikan Zona Integritas di Kota Banjarmasin.

"Sudah bukan zamannya lagi melayani dengan mempersulit, jadi kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit. Kalau bisa selesai hari ini kenapa menunggu besok," kata H Ibnu Sina.

Menurutnya hal ini merupakan bentuk revolusi mental yang harus digaungkan bermasa.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel, Noorhalis Majid nyatakan pihaknya akan ikut mengawal deklarasi tersebut khususnya dalam praktek pelayanan publik di Kantor BPN Kota Banjarmasin selama enam bulan kedepan.

Indikator yang akan diperhatikan menurut Noorhalis Majid termasuk pelayanan yang lebih mudah, cepat dan tentunya tak ada pungutan liar yang jelas tak miliki dasar hukum.

"Ini kami akan pantau untuk enam bulan kedepan diharapkan akan jauh lebih baik pelayanannya dibanding hari ini," kata Noorhalis Majid. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved