Ekonomi dan Bisnis

Digital Printing di Banjarmasin Alami Kenaikan Orderan Hingga 80 Persen di Masa Kampanye 2019

Sebagaimana diketahui, di sepanjang ruas jalan di Kota Banjarmasin, terdapat banyak baliho maupun spanduk yang dipajang.

Digital Printing di Banjarmasin Alami Kenaikan Orderan Hingga 80 Persen di Masa Kampanye 2019
(BANJARMASINPOST.co.id/mariana)
Proses cetak baliho di digital printing Super Print, Selasa (19/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejumlah Calon Legislatif (Caleg) se Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan bertarung dalam ajang politik Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 terus berlomba-lomba membuat alat peraga kampanye.

Sebagaimana diketahui, di sepanjang ruas jalan di Kota Banjarmasin, terdapat banyak baliho maupun spanduk yang dipajang.

Masa kampanye Pemilu 2019 ini pun menjadi lahan keuntungan bagi sejumlah digital printing yang ada di Banjarmasin.

"Kebetulan sekarang waktunya sudah mepet, jadi Caleg berburu bikin baliho, spanduk, maupun kartu nama. Kenaikan orderan sekitar 40-80 persen sejak awal 2019 lalu," jelas Manager Super Print Banjarmasin, Zainal Akli Sahputra kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Tabrakan di HST, Setengah Jam Terjebak di Bawah Truk, Anak dan Bapak Hanya Luka Lecet

Berdasarkan pantauan Banjarmasinpost.co.id, Selasa (19/3/2019), cukup banyak antrian yang terdapat di Super Print caban Sultan Adam tersebut.

Diakui Akli, sapaan karibnya, pada pertengahan 2018 lalu kenaikan orderan masih 5 persen. Yang paling laris dipilih para Caleg yakni baliho ukuran 100x80 cm.

"Kebetulan kami ada promo, untuk Caleg yang pesan sebanyak 1000 meter, hanya dihargai Rp 16.000 per meter," imbuh dia.

Berbeda lagi dengan Adprint Printing Banjarmasin, di tengah maraknya pemesanan baliho dan spanduk bagi Caleg, digital printing yang bertempat di Jalan Simpang Hasanuddin ini justru tidak fokus untuk melayani orderan yang berbau kampanye.

Baca: Gaji Tak Dibayar, Honorer Perpustakaan Daerah Nekat Ceburkan diri dari Atas Jembatan Pasar Lama

"Kami tidak menerima orderan langsung dari Caleg, tapi kami masih menerima orderan dari teman sesama percetakan namun untuk tarif kami belum bisa uraikan berapa karena rahasia antara pihak kami dan rekanan percetakan tersebut," ujar Marketing dan Designer Adprint Banjarmasin, Ardhi Cahyowiaji.

Alasannya diakui Ardhi, orderan dari pelanggan tetap merupakan prioritas, jika dia membuka secara langsung orderan Caleg maka pelanggan akan terganggu. Kendati demikian, orderan Caleg dari teman percetakan itu, paling banyak dipesan baliho ukuran 2x3 m, 1x2 m, dan 80 cm x 150 cm. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved