Berita Regional

Fakta Terbaru 2 WNA Asal Malaysia yang Tewas Saat Gempa Bumi 5,4 SR dan 5,1 SR Guncang Lombok Timur

Fakta Terbaru 2 WNA Asal Malaysia yang Tewas Saat Gempa Bumi 5,4 SR dan 5,1 SR Guncang Lombok Timur

Fakta Terbaru 2 WNA Asal Malaysia yang Tewas Saat Gempa Bumi 5,4 SR dan 5,1 SR Guncang Lombok Timur
Tribunnews.com
Kondisi rumah warga yang rusak berat akibat guncangan gempa di Kota Selong Kabupaten Lombok Timur, NTB, Minggu (17/3/2019) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Fakta Terbaru 2 WNA Asal Malaysia yang Tewas Saat Gempa Bumi 5,4 SR dan 5,1 SR Guncang Lombok Timur

Jenazah dua warga Malaysia, Tai Siew Kim (56) dan Lim Sai Wah (56), korban longsor di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep, Desa Senaru-Bayan, Lombok Utara, NTB dipulangkan ke negaranya, Selasa (19/3/2019).

Jenazah dua wisatawan itu diberangkatkan menggunakan mobil ambulans RSU Provinsi NTB, sekitar pukul 03.30 Wita.

"Kami mengantar jenazah langsung ke cargo Bandara Internaaional Lombok, saya tidak tahu jadwal penerbangannya jam berapa, yang jelas diperintahkan mengantar hari ini," kata Ismail, petugas pengantar jenazah RSUP NTB kepada Kompas.com, Selasa.

Baca: Luna Maya Singgung Soal Fitnah Usai Klaim Move On Pasca Pernikahan Reino Barack dan Syahrini

Baca: Kekasih Agnez Mo Posting Foto Bahagia, Balas Wijaya Saputra dan Gisella Anastasia yang Go Public?

Baca: Bahagia Feni Rose, Bisa Buat Eks Gading Marten, Gisella Anastasia dan Wijaya Saputra Lakukan Ini

Baca: Viral Nama Bayi yang Gabungkan Syahrini, Reino Barack, dan Luna Maya, Orangtua Dapat Respons Ini

Terlihat petugas kepolisian di depan kamar jenazah dan dua orang staf Dinas Pariwisata NTB, pasca-jenazah telah dibawa ke kargo bandara.

Kepala Humas RSUP NTB Sholikin mengatakan, dua jenazah warga Malaysia telah dijadwalkan untuk dipulangkan pukul 04.00 Wita, sehingga petugas harus sudah mengantar ke bandara satu jam sebelum penerbangan mereka.

Sementara untuk pasien yang masih menjalani perawatan, akan terus dipantau hingga pulih, sebelum mereka pulang ke negaranya. "Yang sudah sehat telah dibawa ke hotel oleh konsulatnya.

Agar lebih tenang sebelum kembali ke Malaysia, mereka berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata NTB," kata Sholikin.

Keluarga korban meninggal dunia di kawasan wisata Tiu Kelep, Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, mendapat santunan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, masing-masing sebesar Rp 15 juta.

Santunan langsung diberikan Mentri Sosial ( Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin kemarin di RSUP NTB, termasuk kepada perwakilan keluarga warga Malaysia yang meninggal dunia.

Baca: Striker Barito Putera, Rafael Silva Dinilai Kegendutan, Ini Permintaan Dokter Tim Laskar Antasari

Gumiwang menyatakan turut berbela sungkawa atas peristiwa itu, dan menyatakan rasa empati yang sedalam-dalamnya mewakili Pemerintah RI.

"Bahwa musibah yang menimpa warga Malaysia adalah bencana alam yang tak bisa diprediksi, kita akan memberikan layanan yang terbaik, termasuk biaya perawatan pada mereka hingga benar-benar pulih," katanya.

Gumiwang juga berharap kejadian itu tak membuat warga Malaysia atau wisatawan mancanegara dari manapun khawatir berlibur ke Lombok.

Peristiwa longsornya kawasan air terjun Tiu Kelep mengakibatkan dua wisatawan asal Malaysia dan warga Indonesia meninggal dunia. Sementara puluhan lainnya luka-luka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Jenazah Warga Malaysia Dipulangkan, Keluarga Disantuni Rp 15 Juta"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved