Berita Banjarmasin

Ketua Panitia Lokal LTMP Ingatkan Calon Mahasiswa yang Tak Lulus SNMPTN Bisa Ikuti UTBK

Pengumuman yang sebelumnya akan dilakukan pada 23 Maret 2019, kemudian dimajukan pada tanggal 22 Maret 2019.

Ketua Panitia Lokal LTMP Ingatkan Calon Mahasiswa yang Tak Lulus SNMPTN Bisa Ikuti UTBK
Tribunnews.com
SNMPTN 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peserta yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bisa saja sedang menantikan pengumuman seleksi melalui jalur undangan tersebut. Terlebih, jadwal pengumuman SNMPTN dimajukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pengumuman yang sebelumnya akan dilakukan pada 23 Maret 2019, kemudian dimajukan pada tanggal 22 Maret 2019.

Disampaikan oleh Ketua Panitia Lokal LTMPT Kalsel, Aminudin Prahatama Putra, data pendaftaran calon siswa secara nasional sudah masuk ke data pusat. Sehingga nampaknya ujar Aminudin panitia tinggal memutuskan setelah dilakukan pemeringkatan pada peserta.

Percepatan pengumuman itu ucapnya dalam rangka mengakomodir calon pendaftar lain. Terlebih gelombang kedua akan dibuka sejak 22 Maret pukul 17.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pendaftaran untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai penghantar untuk jalur SBMPTN.

Baca: ULM Dapatkan Akreditasi A, Rektor Sutarto Hadi Sujud Syukur, Target Raih Akreditasi International

Khusus ULM, kampus tersebut disampaikan Aminudin akan menerima kurang lebih 2.000 siswa yang masuk melalui jalur SNMPTN atau 20 persen dari jumlah kouta secara keseluruhan. Kemudian  60 persen jalur SBMPTN dan 20 persen jalur mandiri.

Ia mengatakan, ada sekitar 6.000an peserta yang ikut jalur SNMPTN. Sehingga mereka yang tidak lulus pada jalur ini disarankan untuk ikut UTBK.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran UTBK sudah dibuka sejak 1 Maret lalu dan berakhir pada 24 Maret mendatang untuk gelombang satu. Sementara gelombang dua berlangsung sejak 25 Maret hingga 1 April 2019. Sejauh ini, merujuk data pendaftaran terakhir pada 19 Maret 2019 sekitar pukul 14.45 WITA, pendaftar UTBK sudah mencapai 6.303 orang.

Lelaki yang menjabat sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM ini melihat adanya pola pendaftar yang lebih suka diwaktu yang mendesak. Sebutnya, pendaftaran semakin tambah banyak ketika mendekati hari akhir.

“Kayaknya calon peserta menggunakan siasat. Terlihat dari rata-rata 60.000 pendaftar yang diakumulasi, mereka punya trik menunggu moment terakhir pendaftaran. Karena mereka berharap untuk UTBK bisa ikut ke gelombang dua,” ucap Aminudin.

Baca: KPU Kalsel Perbolehkan Peserta Pemilu 2019 Buat Iklan Kampanye, Begini Syaratnya

Namun ujarnya apabila menunggu momen juga bisa membahayakan. Karena dikhawatirkan sistem yang terkendala apabila banyak yang mengakses secara bersamaan.

Sebutnya, beberapa calon peserta memang menunggu untuk gelombang dua. Keuntungannya, bisa mengetahui dan bertanya bagaimana sistem UTBK pada gelombang satu. Ia juga menyarankan untuk pendaftaran UTBK bisa melalui situs resmi Ristekdikti, yakni https://ltmpt.ac.id.

Terlepas dari itu, Aminudin juga menerangkan beberapa program studi di ULM melakukan tes narkoba. Selain itu ada prodi profesi yang melaksanakan tes psikologi dan tes buta warna.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved