BUMI SANGGAM

Menuju Adiwiyata Nasional, Ini Yang Dilakukan Sekolah di Balangan

Persiapan untuk menuju sekolah adiwiyata nasional saat ini tengah dijalankan SMAN 2 Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Menuju Adiwiyata Nasional, Ini Yang Dilakukan Sekolah di Balangan
HO/SMAN 2 Juai
SMAN 2 Juai, memulai kegiatan 1 jam membersihkan seluruh lingkungan sekolah, lewat kegiatan Jumat bersih yang melibatkan seluruh dewan guru dan siswa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Persiapan untuk menuju sekolah adiwiyata nasional saat ini tengah dijalankan SMAN 2 Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Melalui OSIS yang ada di sekolah tersebut saat ini sudah dijalankan adanya program Empat Jumat yang tujuannya untuk membentuk karakter para murid.

Program Empat Jumat ini merupakan empat macam kegiatan berbeda setiap Jumat dalam satu bulan.

Yakni, mulau kegiatan Jumat Bersih, Jumat Sehat, Jumat Taqwa, dan juga Jumat Bakat.

Wakil Ketua OSIS SMAN 2 Juai, Isma, Selasa (19/3/2019) mengatakan, program tersebut dijalankan dalam rangka menuju sekolah Adiwiyata Nasional.

Oleh karena itu, dewan guru, OSIS dan seluruh siswa terus menggiatkan peduli lingkungan.

Kegiatan ini terlaksana yang pertama melalui Jumat Bersih, yaitu dimana seluruh dewan guru dan siswa memulai kegiatan 1 jam membersihkan seluruh lingkungan sekolah.

"Mulai dari ruang kantor, ruang kelas, halaman, dan lapangan. Selain bersih-bersih juga merawat tanaman di lingkungan sekolah seperti menanam maupun menyiram," ujarnya.

Dengan adanya Jumat Bersih diharapkan tumbuh rasa kesadaran peduli dan cinta terhadap lingkungan.

Kemudian Jumat yang kedua yaitu Jumat Sehat, diantara kegiatannya adalah senam bersama, dan setelah senam seluruh siswa dan dewan guru memungut sampah bersama.

"Jenis sampah yang dipungut yaitu daun yang dimasukan ke biopori, sampah plastik dimasukan ke tempat sampah. Dengan kegiatan Jumat Sehat harapannya tumbuh kesadaran pentingnya kesehatan dan kebersihan," katanya.

Jumat ketiga adalah Jumat Taqwa diantara kegiatannya ialah memulai kegiatan dengan membaca amaliah surah Yasin, berzikir bersama, dan di lanjutkan dengan sholat dhuha berjamaah. Dengan harapan akan menumbuhkan karakter siswa menjadi lebih religius.

Adapun Jumat keempat yaitu Jumat Bakat dimana kegiatan ini dilakukan di lapangan sekolah, dengan adanya Jumat Bakat seluruh siswa dapat mengeluarkan bakat masing masing.

Menurutnya, pentas bakat atau pentas seni ini siswa-siswi diberi kesempatan menyalurkan bakat mereka baik itu menyanyi, menari, theater dan sebagainya. Bisa tampil perorangan, keIompok maupun perkelas.

"Dengan adanya pentas bakat ini menjadi ajang belajar siswa lebih terbiasa tampil dan lebih percaya diri," katanya. (*/Aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved