Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Bawaslu Banjarmasin Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye di Lima Kecamatan

Bawaslu Kota Banjarmasin kembali melakukan penertiban tahap ketika untuk Alat Peraga Kampanye (APK) yang ada di Kota Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Bawaslu Kota Banjarmasin kembali melakukan penertiban tahap ketika untuk Alat Peraga Kampanye (APK) yang ada di Kota Banjarmasin. Jajaran lembaga pengawas Pemilu itu menyebar ke lima kecamatan yang ada di Banjarmasin, Selasa (19/3/2019).

Satu rombongan Bawaslu Kota Banjarmasin menuju wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat. Sejumlah APK berbentuk baliho dan spanduk serta bendera diamankan pada penertiban tersebut.

Bahkan ada APK yang terpasang di lahan pemerintahan dan diambil oleh Bawaslu Kota Banjarmasin yang didampingi Satpol PP Kota Banjarmasin.

Penertiban beawal dari kawasan Teluktiram, Banjarmasin, kemudian menju Jalan Ampera dan ke Lingkar Basirih kemudian berakhir di Telukdalam, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Baca: Gaji Tak Dibayar, Honorer Perpustakaan Daerah Nekat Ceburkan diri dari Atas Jembatan Pasar Lama

Beberapa APK yang menempel di pohon serta terpasang melintang langsung ditindak petugas. Sebagian ada yang dilepas. Ada pula yang hanya dirapikan agar tiang baliho tidak menempel ke pohon.

Selain itu, ada pula satu baliho yang tak luput dari perhatian Bawaslu Kota Banjarmasin. Pasalnya meski berada di area yang diperbolehkan, namun baliho caleg tersebut rupanya memuat logo dari partai lain.

Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasar yang ikut serta dalam penertiban menerangkan, penertiban APK akan kembali dilakukan pada 2 April mendatang. Sementara pada minggu tenang yakni 14,15,16 April pihaknya akan berpatroli untuk melakukan pengawasan pemasangan APK. Apabila didapati ada APK terpasang dan ketahuan melakukan kampanye di luar jadwal, Yasar mengatakan, Bawaslu akan memberikan teguran tegas. Bahkan bisa masuk pidana Pemilu.

Baca: Viral di Medsos! Video Konvoi Ojek Online Mengiringi Jenazah, Ojol Meninggal Kecelakaan

Sejauh ini sebutnya dari beberapa giat Bawaslu untuk penertiban APK, didapati ada 800 APK yang sudah diamankan. Meliputi spanduk, baliho dan bendera partai politik. Bisa saja ujarnya dengan ditambah penertiban kali ini mencapai lebih dari 1.000 APK yang telah dinyatakan melanggar.(banjarrmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved