Berita Banjarmasin

Tak Langgar Aturan, Bawaslu Banjarmasin Tetap Tertibkan Baliho Caleg Ini karena Hal Ini

Bahkan ada APK yang terpasang di lahan pemerintahan dan diambil oleh Bawaslu Kota Banjarmasin yang didampingi Satpol PP Kota Banjarmasin.

Tak Langgar Aturan, Bawaslu Banjarmasin Tetap Tertibkan Baliho Caleg Ini karena Hal Ini
banjarmasinpost.co.id/isti rohayani
Petugas Satpol PP Kota Banjarmasin melepas APK yang dianggap melanggar aturan di Jalan Ampera Banjarmasin, Selasa (19/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Bawaslu Kota Banjarmasin kembali melakukan penertiban tahap ketika untuk Alat Peraga Kampanye (APK) yang ada di Kota Banjarmasin.

Jajaran lembaga pengawas Pemilu itu menyebar ke lima kecamatan yang ada di Banjarmasin, Selasa (19/3/2019).

Satu rombongan Bawaslu Kota Banjarmasin menuju wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat. Sejumlah APK berbentuk baliho dan spanduk serta bendera diamankan pada penertiban tersebut.

Bahkan ada APK yang terpasang di lahan pemerintahan dan diambil oleh Bawaslu Kota Banjarmasin yang didampingi Satpol PP Kota Banjarmasin.

Penertiban beawal dari kawasan Teluktiram, Banjarmasin, kemudian menju Jalan Ampera dan ke Lingkar Basirih kemudian berakhir di Telukdalam, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Baca: NEWSVIDEO : Ebon Terdakwa Pembunuh Levie Prisilla Divonis 13 Tahun Penjara di PN Martapura

Beberapa APK yang menempel di pohon serta terpasang melintang langsung ditindak petugas. Sebagian ada yang dilepas. Ada pula yang hanya dirapikan agar tiang baliho tidak menempel ke pohon.

Selain itu, ada pula satu baliho yang tak luput dari perhatian Bawaslu Kota Banjarmasin. Pasalnya meski berada di area yang diperbolehkan, namun baliho caleg tersebut rupanya memuat logo dari partai lain.

Satu baliho milik Caleg DPR RI memperlihatkan foto caleg tersebut. Namun pada desain balihonya tertera gambar seperti layaknya surat suara. Setiap kolom nomor Parpol terdapat logo Parpol. Lantas baliho itu diamankan karena dianggap menyalahi aturan.

“Memang ada satu baliho yang diamankan karena memuat logo partai lain. Hal itu dilarang. Kalaupun hendak dipasang, logo parpolnya musti ditutup. Jadi meski dipasang pada area yang diperbolehkan, ternyata isi atau gambar balihonya menyalahi itu bisa jadi pidana Pemilu,” jelas Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasar yang ikut serta dalam penertiban tersebut.

Baca: NEWSVIDEO : Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Raih Akreditasi A, Rektor Sujud Syukur

Beberapa warga setempat juga memilih melepaskan baliho yang mereka pasang sendiri. Karena melihat Bawaslu yang mencopot  baliho, ada warga yang mendekat dan menanyakan area larangan pemasangan baliho. Selain itu ada pula yang melepas terlebih dahulu sebelum Bawaslu dan Satpol PP Kota Banjarmasin melewati halaman rumah warga tersebut.

Giat Bawaslu Kota Banjarmasin kali ini nampaknya begitu memperhatikan tiap sisi kiri dan kanan jalan. Ketika menemui ada APK yang menyalahi aturan, mereka langsung menertibkan. Terlebih sejumlah alat pemotong juga disiapkan untuk pelepasan baliho.

Yasar menerangkang, penertiban APK akan kembali dilakukan pada 2 April mendatang. Sementara pada minggu tenang yakni 14,15,16 April pihaknya akan berpatroli untuk melakukan pengawasan pemasangan APK. Apabila didapati ada APK terpasang dan ketahuan melakukan kampanye di luar jadwal, Yasar mengatakan, Bawaslu akan memberikan teguran tegas. Bahkan bisa masuk pidana Pemilu.

Sejauh ini sebutnya dari beberapa giat Bawaslu untuk penertiban APK, didapati ada 800 APK yang sudah diamankan. Meliputi spanduk, baliho dan bendera partai politik. Bisa saja ujarnya dengan ditambah penertiban kali ini mencapai lebih dari 1.000 APK yang telah dinyatakan melanggar.

Baca: Bupati Sukamta Janji Bakal Memberikan Tambahan Insentif 284 Penyuluh Agama Tanahlaut

Tentunya para Caleg yang melanggar dikatakan Yasar sudah diberikan teguran. Selain itu diminta untuk memindah lokais penempatan APK mereka.

“Peneguran langsung kami lakukan kepada Caleg yang bersangkutan. Diharapkan mereka memindah APK atau melepasnya. Kemudian ditegur secara keras,” jelasnya. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved