Berita Kotabaru

Warga Masih Mengungsi, Logistik untuk Korban Puting Beliung di Pulau Sembilan Dikirim Pakai Kapal

Sehari pascaterjangan puting beliung di Desa Pulau Desa Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru, warga masih mengungsi.

Warga Masih Mengungsi, Logistik untuk Korban Puting Beliung di Pulau Sembilan Dikirim Pakai Kapal
HO/BPBD Kotabaru
BPBD Kotabaru pakai kapal Sabuk Nusantara 93 mengirim logistik bantuan untuk korban puting beliung di Pulau Sembilan, Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sehari pascaterjangan puting beliung di Desa Pulau Desa Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru, warga masih mengungsi.

Akibat dari angin puting beliung, 4 unit rumah porak poranda dan hancur di Desa Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan Kotabaru. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (18/3/2019) sekitar pukul 05.00 Wita dinihari.

Empat pemilik rumah terpaksa harus mengungsi karena rumahnya tak bisa ditempati lagi. Bagian atap hilang, dan ada rumah yang dindingnya sudah hilang sebagian.

Akibatnya warga perlu waktu agar bisa memperbaiki rumah tersebut. Hanya saja, warga yang rata-rata merupakan nelayan itu perlu waktu untuk melakukan perbaikan rumahnya dan biaya. Sehingga mereka untuk sementara masih mengungsi ke rumah keluarga dan kerabatnya.

Baca: ULM Dapatkan Akreditasi A, Rektor Sutarto Hadi Sujud Syukur, Target Raih Akreditasi International

Baca: Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Sunnah Pada 13 14 15 di Bulan Rajab Mulan 21 Maret

Sementara, BPBD Kotabaru yang baru menerima informasi pada Senin sore tersebut langsung mempersiapkan bantuan. Pasalnya, mereka segera melakukan tindakan agar warga tersebut tidak kesulitan bantuan.

"Kami dari BPBD langsung mempersiapkan logistik untuk didistribusikan usai terima informasi tersebut," kata Plt Kepala BPBD Kotanaru, H Ahmadi Jaya kepada Banjarmasinpost, Selasa (19/3/2019).

H Jaya juga menjelaskan, jajarannya langsung menyerahkan bantuan melalui orang kecematan yang kebetulan di Kotabaru. Logistik dan bantuan lainnya dikirim menggunakan kapal.

"Bantuan yang disalurkan berupa sembako dan terpal yang bisa digunakan untuk sementara waktu. Selanjutnya dinas terkait untuk melanjutkannya," katanya.

BPBD Kotabaru menggunakan kapal mengirim logistik bantuan untuk korban puting beliung di Pulau Sembilan, Kotabaru, Selasa (19/3/2019).
BPBD Kotabaru menggunakan kapal mengirim logistik bantuan untuk korban puting beliung di Pulau Sembilan, Kotabaru, Selasa (19/3/2019). (HO/BPBD Kotabaru)

Barang atau logistik yang dikirim ke Pulau Sembilan tersebut langsung disalurkan ke penerima. Akses yang cukup sulit juga menjadi kendala dan jaringan telepon yang masih sulit.

Untuk menuju Pulau Sembilan, Maradapan perlu waktu sekitar 10 hingga 11 jam menggunakan kapal. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved