Berita Nasional

Badai Siklon Tropis Trevor Mengancam, BMKG Imbau Warga Tidak Berlindung di Bawah Pohon

Badai hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan melanda sejumlah daerah di Indonesia, selama tiga hari ke depan.

Badai Siklon Tropis Trevor Mengancam, BMKG Imbau Warga Tidak Berlindung di Bawah Pohon
Screenshot/BPBD Tanahlaut
Ilustrasi - Saat Pantai Takisung diterjang badai dan hujan deras, para pengunjung berlarian, Selasa (1/1/2018) sore 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Badai hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan melanda sejumlah daerah di Indonesia, selama tiga hari ke depan. Tiupan angin berkecepatan hingga 90 knot berpotensi dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang.

Ancaman badai mungkin terjadi di berbagai tempat mulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan mengimbau masyarakat agar tidak berlindung di bawah pohon atau baliho jika turun hujan lebat disertai angin dan petir.

“Masyarakat diimbau agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir,” kata Hary saat dikonfirmasi, Selasa (19/3/2019).

Hary juga mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir dan longsor agar tetap waspada terhadap potensi genangan, banjir, dan longsor selama tiga hari ke depan.

Hary pun meminta masyarakat untuk memperhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran dan aktivitas di pesisir pantai.

Baca: Jadwal MotoGP Argentina 2019, Valentino Rossi Soroti Peningkatan Performa Suzuki di MotoGP Qatar

BMKG juga mengimbau masyarakat yang beraktivitas dengan berbagai jenis perahu antara lain perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang (tugboat) dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m, kapal ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m. Kemudain, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 m.

“BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu waspada,” kata Hary.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia untuk empat hari ke depan, Selasa (19/3) hingga Jumat (22/3) lusa.

BMKG melihat adanya Siklon tropis Savannah (987 hPa) di Samudra Hindia barat daya Lampung, dan Siklon Tropis Trevor (985 hPa) di Laut Karang selatan Papua Nugini, pola tekanan rendah 1006 hPa di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur, dan 1008 hPa di Samudera Pasifik timur Filipina.

Baca: Penertiban Galian Batu Putih di Desa Madang Padang Batung HSS Tak Ada Tindak Lanjut, Jalan Rusak?

Dikutip Tribunnews.com dari laman resmi BMKG terdapat bibit siklon tropis 95S di selatan Nusa Tenggara Timur dengan kecepatan angin berkisar 30 knot dan Siklon tropis Trevor di Australia bagian utara dengan kecepatan angin maksimum 90 knot.

Konvergensi memanjang terjadi dari Aceh hingga Sumatera Utara, Sumatera Selatan hingga Jawa Timur, Kalimantan Utara hingga Sulawesi Selatan dan Papua Barat hinga Papua.

Berikut Tribunnews.com sajikan daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem dikutip dari laman resmi bmkg.go.id.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Rabu (20/3) adalah provinsi Riau, Jawa Tengah, Papua, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sumatera Utara. Berikut daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Kamis (21/3) yakni Yogyakarta, Kepulauan Bangka Belitung, Papua, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini terkait cuaca selama tiga hari ke depan, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 021-4246321. (tribun network/git)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved