Berita Banjarmasin

Dapur Umum Dibuka dan Bantuan Terus Mengalir Untuk 129 Jiwa Korban Kebakaran di KelayanLuar

Pascakebakaran yang terjadi di Gang Sederhana, Kelayanluar, Banjarmasin, Pemko melalui BPBD Kota Banjarmasin langsung membuka dapur umum, Rabu.

Dapur Umum Dibuka dan Bantuan Terus Mengalir Untuk 129 Jiwa Korban Kebakaran di KelayanLuar
banjarmasinpost.co.id/isti rohayani
Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Sri Nurnaningsih berinteraksi dengan warga dan lurah Kelayanluar di lokasi kebakaran ,Gang Sederhana, Kelayanluar, Banjarmasin, Rabu (20/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pascakebakaran yang terjadi di Gang Sederhana, Kelayanluar, Banjarmasin, Kalsel, Pemko Banjarmasin melalui BPBD Kota Banjarmasin langsung membuka dapur umum di lokasi tersebut, Rabu (20/3/2019).

Dapur umum yang tersedia menjadi penampungan setiap sumbangan pangan dan pakan yang diberikan. Selain itu juga digunakan oleh warga terdampak untuk memasak dan tinggal sementara.

Kesibukan sejumlah instansi dan masyarakat nampak terlihat di dapur umum tersebut. Mereka juga gotong royong saat menyiapkan konsumsi. Tak hanya itu, di lokasi kebakaran, sebagian warga lainnya nampak berbenah dan mulai memilah barang- barang yang terbakar.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Rudy Prasetyo dan Kepala BPBD Kota Banjarmasin serta Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Sri Nurnaningsih meninjau lokasi kebakaran itu. Ketiganya bersama para staf turut membantu masyarakat membersihkan lokasi kebakaran.

Baca: Ini Dia Pemenang Seleksi Gita Bahana Nusantara 2019 Kabupaten Banjar, Seleksi Berlangsung Ketat

Baca: BREAKING NEWS : Tangkap 2 Pengedar Sabu di Landasan Ulin Petugas BNNP Kalsel Temukan 3 Kg Sabu

Sebagai bentuk rasa kemanusiaan, Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Sri Nurnaningsih juga memberikan support kepada warga yang terkena musibah. Ia juga menyarankan agar masyarakat menyampaikan aspirasi mereka kepada kepala daerah.

Melihat kondisi itu, Sri mengatakan sebagai sesama manusia dan anggota dewan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial, ia merasa terpanggil untuk bertindak dan memberikan bantuan.

Ditambah lagi pada lokasi yang sama, sebelumnya juga pernah terjadi kebakaran pada beberapa minggu sebelumnya.

"Kedatangan kami kesini untuk melihat kondisi dan memberikan support kepada warga. Selain itu kami juga memberikan bantuan beruba sembako yang semoga bermanfaat untuk meringankan beban mereka," ucap Sri.

Kepada Sri pula, masyarakat sempat mengadukan masalah mereka. Terutama tidak adanya hydrant dan drainase di gang tersebut. Lantas Sri berniat akan mengawal apabila usulan itu sudah dimasukan ke program Wali Kota Banjarmasin.

Dari informasi yang diberikan oleh Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Hilmi kebakaran yang terjadi kali ini memang cukup besar. Ada sekitar 23 unit rumah terbakar yang dihuni 33 KK terdiri dari 129 jiwa.

Baca: Niat Puasa Qadha Ramadhan Serta Tata Cara Puasa Bayar Hutang Puasa Ramadhan

Baca: KM Muara Sumber Berada di Dasar Sungai Barito, Penyelam Bersiap Melakukan Evakuasi

Pihaknya pun langsung cepat tanggap membuka dapur umum untuk keperluan warga tersebut. Selain itu dapur umum akan dibuka selama tiga hari. Sementara sejumlah bantuan akan diberikan kepada warga setelah dikumpulkan.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Hilmi kepada sejumlah instansi terkait yang berpartisipasi membantu. Bahkan sebutnya anggota Babinsa dari Koramil pun turut ikut serta membersihkan area kebakaran dan membantu di posko dapur umum.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved