Berita Kalteng

PDAM Jalin Kerjasama Dengan Pengembang Perumahan, Warga Lebih Suka Air Tanah

pemanfaatan air tanah lebih dipakai warga daripada PDAM lantaran air tanah dianggap lebih bersih dan jernih jika dibandingkan dengan produksi PDAM.

PDAM Jalin Kerjasama Dengan Pengembang Perumahan, Warga Lebih Suka Air Tanah
tribunkalteng.com/fathurahman
Pengolahan air PDAM Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - BANYAKNYA Warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang memanfaatkan air tanah untuk kebutuhan hidup sehari-hari membuat perusahaan daerah air minim (PDAM) Kota Palangkaraya cukup sulit dalam mendapatkan pelanggan baru yang memanfaatkan PDAM untuk keperluaan kesehariannya.

Betapa tidak, pemanfaatan air tanah lebih dipakai warga daripada PDAM, lantaran air tanah dianggap lebih bersih dan jernih jika dibandingkan dengan produksi PDAM yang terkadang air ketika sampai di bak mandi di rumah masih ada terikut lumpur.

Namun, PDAM terus berupaya untuk menjernihkan dan memperbaiki kualitas airnya dengan mengganti pipa dalam waktu tertentu.

Direktur PDAM Palangkaraya, Budi Harjono, mengatakan, pihaknya memang cukup banyak membongkar meteran air pelanggan PDAM lantaran tidak membayar tagihan air. Pelanggan cukup banyak menunggak lantaran ada alternatif lain pelanggan dalam menggunakan air tanah di rumahnya, saat ini pelanggan PDAM Palangkaraya mencapai 15 ribu.

Baca: Tingkatkan PAD Sasar Perusahaan, Pemprov Kalteng Targetkan Pajak Air Permukaan Rp 1 Miliar

Oleh sebab itu sebut Budi, pihaknya menggandeng pengembang perumahan dalam setiap pembangunan perumahan baru dalam menambah pelanggan PDAM, sehingga setiap pemasangan baru dalam pembangunan perumahan sudah include dengan penyediaan air PDAM dan listrik.

"Kami memang menggandeng organisasi REI untuk penambahan pelanggan PDAM salah satunya untuk tahun ini ditargetkan pemasangan sambungan baru mencapai di Palangkaraya mencapai 525 rumah gratis dengan bantuan subsidi mencapai Rp1,5 miliar," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved