Berita Banjarmasin

Usai Pergeseren Dirut PD Ambapers, Ini yang Dilakukan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel

Usai Pergeseren Dirut PD Ambapers, Ini yang Dilakukan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel

Usai Pergeseren Dirut PD Ambapers, Ini yang Dilakukan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel
banjarmasinpost.co.id/Nurkholis Huda
Pucuk pimpinan atau Direktur Perusahaan Daerah PT Ambang Barito Persada dari Syaiful Adhar berganti ke Zulfadli Gazali, Jumat (8/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usai pergeseran Direktur Utama, PT Ambang Barito Nusapersada (Ambapers) kembali berencana untuk realisasikan pembentukan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk kembangkan potensi bisnisnya.

Sebagai perusahaan yang sahamnya juga dimiliki Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Suwardi Sarlan mengaku akan mendukung langkah tersebut.

Menurutnya, selain memang sesuai dengan amanat peraturan, dengan peran PT Ambapers yang cukup strategis di Kalsel memang sudah saatnya perusahaan pengelola Alur Sungai di Kalsel ini miliki BUP.

Bahkan menurut Suwardi, PT Ambapers juga disarankan sekaligus memiliki terminal tersendiri untuk layani trafik di Alur Sungai yang dikelolanya.

"Kami sangat mensupport kalau intinya untuk kepentingan daerah, karena Ambapers sesuai peraturan itu memang seharusnya punya BUP sendiri dan juga diharapkan punya terminal sendiri," kata Suwardi.

Baca: Bentuk Dukungan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting Untuk Istri Reino Barack, Syahrini

Baca: Wajah Anda Terlihat Lebih Tua Daripada Usia? Simak Penjelasan dr Vina Dwiana Ini

Baca: Penampakan Terbaru Raisa Adriana Usai Melahirkan Anak Pertama, Istri Hamish Daud Tampak Memukau

Komitmen dukungan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel juga menurutnya akan dituangkan pada dukungan jika diperlukan adanya penyertaan modal daerah untuk merealisasikan tujuan tersebut.

Ia menegaskan, penyertaan modal untuk pembentukan BUP Ambapers jangan hanya didasarkan pada pemikiran seberapa besar pendapatan yang akan masuk ke daerah, justru seberapa besar manfaat yang bisa dinikmati masyarakat dari penyertaan modal tersebut.

"Kami akan dukung, kami harap Pemerintah juga bisa dukung pastikan dana alokasi untuk itu," kata Suwardi.

Terkait dilantiknya Direktur Utama PT Ambapers, Zulfadli Gazali, Suwardi berharap Direktur Utama baru ini bisa terus tingkatkan kinerja PT Ambapers di berbagai aspek.

Walau demikian, Suwardi tak menampik cara intensifikasi maupun ekstentifikasi tarif melintas di Alur Sungai yang dikelola PT Ambapers memerlukan kajian mendalam.

Baca: Live Supersoccer TV! LINK Live Streaming Garuda Select Vs Huddersfield U-18 di Inggris Rabu (20/3)

Contohnya, jika cara ekstentifikasi dengan mengenakan tarif pada kapal kargo lain selain kapal kargo batubara dinilai justru bisa berdampak negatif dengan naiknya harga berbagai komoditas yang diangkut melalui jalur sungai ke Kalsel.

Rencana pembentukan BUP sebelumnya juga sempat dinyatakan kembali oleh Zulfadli usai Pelantikan dan Serah Terima Jabatannya sebagai Direktur Utama PT Ambapers awal Bulan Maret, Tahun 2019.

"Ambapers akan mengubah badan hukumnya menjadi BUP dan hal tersebut akan segera ditindak lanjuti,” kata Zulfadli.

Pada Tahun 2019 ini Zulfadli optmis persyaratan sudah bisa dipenuhi sehingga rencana pembentukan BUP dapat segera terwujud.

(banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved