Pilpres 2019

Inilah Partai Paling Tunduk pada Pilihan Capres dan Cawapresnya, Simak Survei Litbang Kompas Ini

Pemilih PDI Perjuangan dan Partai Gerindra paling tunduk dalam mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden

Inilah Partai Paling Tunduk pada Pilihan Capres dan Cawapresnya, Simak Survei Litbang Kompas Ini
kompas.com
Survei Litbang Kompas, diterbitkan pada Harian Kompas, 21 Maret 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemilih PDI Perjuangan dan Partai Gerindra paling tunduk dalam mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung masing-masing. Sementara dukungan partai politik lain masih terbelah.

Hal itu tampak dari hasil survei Litbang Kompas sepanjang 22 Februari hingga 5 Maret 2019 yang dirilis, Kamis (21/3/2019) ini.

Survei menunjukkan, elektabilitas PDI Perjuangan mencapai 26,9 persen. Dari persentase itu, sebanyak 95 persen tunduk pada arahan partai, yakni memilih Joko Widodo-Ma'ruf Amiin.

Hanya 3 persen yang tak tunduk dengan memilih pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Sementara itu, ada 2 persen yang belum menentukan pilihan.

Partai Gerindra juga memiliki kondisi sama. Berdasarkan survei, elektabilitas partai tersebut mencapai 17 persen. Dari persentase itu, 92,4 persen tunduk pada arahan partai dengan menjatuhkan pilihan ke Prabowo-Sandiaga.

Baca: Penyebab Ashanty Minta Cerai pada Anang Hermansyah dalam Kisah Masa Lalu Terungkap, Ternyata

Baca: Survei Litbang Kompas, 7 Parpol Terancam Tak Lolos ke Senayan, Segini Suara yang Didapatnya

Baca: Survei Litbang Kompas, Suara Jokowi Tergerus di Banteng, Prabowo Susut di Jabar-Banten

Hanya 1,4 persen yang memilih Jokowi-Ma'ruf. Namun, jumlah yang belum menentukan pilihan 6,2 persen.


Survei Litbang Kompas, diterbitkan pada Harian Kompas, 21 Maret 2019.(Kompas)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hampir sama kondisinya. Berdasarkan survei, PKS meraih elektabilitas sebesar 4,5 persen. Dari persentase itu, sebanyak 85,4 persen memilih Prabowo-Sandiaga. Sementara 12,4 persen berbelok memilih Jokowi-Ma'ruf. Hanya 2,2 persen yang belum menentukan pilihan.

Partai politik lainnya yang cukup tunduk pada arahan partai antara lain Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Nasdem, misalnya. Dengan capaian elektabilitas sebesar 2,6 persen berdasarkan survei, jumlah yang memilih Jokowi-Ma'ruf sebesar 80,8 persen. Sementara yang memilih Prabowo-Sandiaga sebesar 15,4 persen.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved