Advetorial Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Serius Dalam Hal Kesiapsiagaan Bencana, BPBD On Call 24 Jam

Pemkab Kapuas Serius Dalam Hal Kesiapsiagaan Bencana, BPBD On Call 24 Jam

Pemkab Kapuas Serius Dalam Hal Kesiapsiagaan Bencana, BPBD On Call 24 Jam
Dok BPBD Kabupaten Kapuas untuk BPost Group
Seluruh Personel BPBD Kabupaten Kapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Kabupaten Kapuas tak main-main dalam hal kesiapsiagaan penanggulangan bencana daerah. Di bawah kepemimpinan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus dioptimalkan.

Momentum Hari Jadi Ke-213 Kota Kuala Kapuas dan HUT Ke-68 Pemerintah Kabupaten Kapuas, menjadi semangat dalam hal untuk terus unjuk tanggap, tangkas dan tangguh dalam hal kesiapsiagaan penanggulangan musibah dan bencana.

Terbaru di tahun 2019 ini, BPBD Kabupaten Kapuas membuka layanan call center 24 jam untuk menerima laporan masyarakat jika terjadi bencana dan musibah di Kabupaten Kapuas. Ada tiga nomor layanan Call Center yang aktif 24 jam. Bisa menghubungi ke nomor 085247851773, 082149771145 dan 081255635310.

"Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) dan Tim Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) BPBD Kabupaten Kapuas On Call 24 jam," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Jenderawan.

Ucapan Hari Jadi Ke-213 Kota Kuala Kapuas dan HUT Ke-68 Pemerintah Kabupaten Kapuas
Ucapan Hari Jadi Ke-213 Kota Kuala Kapuas dan HUT Ke-68 Pemerintah Kabupaten Kapuas (Dok Humas Pemkab Kapuas untuk BPost Group)

Kantor BPBD Kabupaten Kapuas beralamat di Jalan Kasturi Kuala Kapuas. Memiliki sarana penunjang berupa tiga mobil, lima motor dan tiga speedboat.

BPBD Kabupaten Kapuas juga memiliki 30 orang anggota TRC PB yang siap 1x24 jam merespon informasi bencana dan musibah. TRC PB juga rutin patroli malam hari. TRC PB jadi ujung tombak BPBD. Lalu didukung Pusdalops PB yang selalu update memberikan data informasi bencana dan musibah secara akurat.

Peran dalam penanggulangan bencana daerah dari BPBD Kabupaten Kapuas tak diragukan lagi. Sejak beberapa tahun terakhir terus unjuk keaktifan dan berbenah dalam hal penguatan kelembagaan.

Belum lama tadi, Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Apel Gabungan Kesadaran Nasional dan Hari Kesiapsiagaan serta Gelar Pasukan dan Peralatan, Senin (11/3).

Kegiatan yang dilaksanakan di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas tersebut dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2019.

Rekapitulasi data kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada tahun 2018 berdasarkan data terhimpun dari Pusdalops PB BPBD Kabupaten Kapuas, yakni : Jumlah Hotspot/titik panas (1.026 Hotspot), Kejadian Karhutla (156 Kejadian), Luas area terbakar (3708,29 Hektar), Pemadaman Darat (120 kali), Pemadaman Udara (36 kali, dengan 1.353 kali waterbombing dan 5.472.500 liter air).

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved