Berita Banjarbaru

PJU Solar Cell Sudah Ada Terpasang, Warga Masih Keluhan Jalan Trikora Banjarbaru Gelap

Fasilitas Penerangan Jalan Umum di Trikora masih menjadi keluhan warga terutama warga di Kawasan Trikora Banjarbaru.

PJU Solar Cell Sudah Ada Terpasang, Warga Masih Keluhan Jalan Trikora Banjarbaru Gelap
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Fasilitas PJU di Jalan Trikora sudah ada namun masih minim. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Fasilitas Penerangan Jalan Umum di Trikora masih menjadi keluhan warga terutama warga di Kawasan Trikora Banjarbaru.

Dayat mengemukakan jika sudah malam amat ngeri jika melintas di kawasan Trikora.

"Akan bahaya, apalagi kalau ada kendaraan tak ada lampunya pasti gak kelihatan dan akan berbahaya mengakibatkan kecelakaan," tandas Dayat.

Menurut Dayat dia sempat melihat kakek tersenggol truk besar dan tergilas truk.

"Akibatnya fatal kalau lampu gelap. Makanya warga masih di jalur A Yani, padahal seharusnya jalur Trikora itu buat memecah kepadatan DI A Yani," keluh Dayat.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya merinci, dari 61 kasus Laka lantas tersebut, sudah ada korban meninggal dunia yang terdata ada 53 orang. "Untuk luka berat 21 orang dan luka ringan 51 orang,” kata Akpol 2000 tersebut sebelumnya.

Baca: Gaji PNS Naik Lima Persen, Kepala Bakeuda Banjarmasin: Kisaran Rp 100.000 sampai Rp 300.000

Menurut Kapolres fasilitas penerangan jalan umum (JPU) jadi salah satu faktor penyebabnya. Sebab dua titik rawan Laka Lantas dinilainya minim penerangan.

“Ada dua titik kerawanan Laka Lantas, seperti di jalur LIK Liang Anggang menuju Pelaihari. Serta jalan di wilayah Trikora Banjarbaru. Memang kita sudah sampaikan ke pemerintah daerah melalui dinas terkait. Untuk mengoptimalkan penerangan jalan, semoga bisa dianggarkan di tahun ini,” ungkapnya.

Adapun Terkait pelanggaran lalu lintas, dia membeberkan, di tahun 2018 terjadi penurunan hampir 50 persen. Di mana tahun 2017 ada 8.547 pelanggaran, sedangkan ditahun 2018 hanya 4.719 pelanggaran.

Ya, Sepuluh kilometer jalur Trikora yang dikeluhkan gelap tersebut, sudah mendappat respon dari Dishub Kalsel.

Menurut Data di Dishub Kalsel sudah ada penanganan penerangan jalan di jalur Trikora Banjarbaru tersebut.

Baca: Pimpin HIPMI Kalteng, Hartanto Berharap Bisa Berkiprah di Pusat

Namun Dishub mengakui bahwa penanganan masih bertahap sehingga tidak sepanjang jalur trikora diberikan lampu penerangan.

"Tahun 2018 kemarin sduah ada sekitrar 25 titik yang dipasang solar cell. Karena terbatas, maka untuk penerangan jalan di Trikora tersebut dilakukan secara bethapa," kata Kadishub Kalsel, Rusdiansyah.

Dijelaskan Rusdiansyah, bahwa setelah dilakukan kalkulasi kebutuhan PJU di ruas jalan tersebut, diperlukan sebanyak 90 titik. Itu baru PJU dari Simpang Tiga Cempaka sampai Tugu Palm. Belum lagi kebutuhan PJU di ruas jalan Trikora lainnya. Terkait model penerangannya, Dishub mengajukan penggunaan PJU Solar Cell.

"Ya semua rencananhnya solar cell. Tapi warga juga harus sabar karena terbatas jadi bertahap," kata Rusdiansyah. (banjarmasinpost.co.id/Lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved