Berita HSS

Sikap Sopir Angkutan Umum di Kabupaten HSS Saat Jumlah Penumpang Turun Drastis

Sikap Sopir Angkutan Umum di Kabupaten HSS Saat Jumlah Penumpang Turun Drastis

Sikap Sopir Angkutan Umum di Kabupaten HSS Saat Jumlah Penumpang Turun Drastis
banjarmasin post group/ hanani
Suasana di terminal angkutan umum antar kota provonsi, jalan HM Yusi, Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kamis (21/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Usaha angkutan umum khususnya angkutan mini bus L300 atau biasa disebut taksi colt masih terpuruk.

Khususnya untuk rute Hulu Sungai-Banjarmasin, banyak angkutan yang berhenti operasional karena tingkat pengguna jasa angkutan tersebut terus menurun.

Hal tersebut diakui Organda Hulu Sungai Selatan. Berbagai faktor disebutkan menjadi penyebab terus berkurangnya penumpang tersebut.

Ketua Organda HSS Abdul Rasyid kepada banjarmasinpost.co.id, Kamis (21/3/2019) mengatakan, sampai sekarang dari total 143 unit jumlah angkutan L300 di HSS, yang operasional tinggal 50 sampai 70 unit.

Baca: Ahmad Dhani Sakit Saat Jalani Sidang, Lain Mulan Jameela & Maia Estianty yang Perhatian Ini Sosoknya

Baca: 4 Fakta Foto 50 Karyawati Kecantikan Tanpa Busana yang Viral di Facebook (FB) dan Whatsapp (WA)

Baca: Sosok yang Biayai Syahrini Naik Jet Pribadi Terungkap, Hotman Paris Beri Bukti Istri Eks Luna Maya

Baca: Balasan Nikita Mirzani Usai Kejiwaannya Dibahas Pasca Nyinyiri Ahmad Dhani, Syahrini & Reino Barack

"Total jumlah tadi termasuk angkutan di Nagara, yaitu Daha Utara, Daha Barat dan Daha Selatan,"katanya. 

Dijelaskan, kondisi penumpang mulai menurun sudah sejak beberapa tahun lalu, dimana makin banyaknya masyarakat memiliki sepeda motor, seiring banyaknya fasilitas kredit serta serta makin bertambahnya mobil pribadi.

"Hal tersebut ditambah lagi adanya taksi gelap berkedok travel, berpelat nomor pribadi yang ikut melayani penumpang. Juga ada bus berpelat hitam yang sering melayani carteran penumpang. Makin matilah usaha angkutan taksi berpelat kuning yang resmi," ungkap Rasyid.

Diakui, faktor lainnya adalah kondisi mobil angkutan colt yang sudah tua, dengan keluaran terkhir tahun 1996. Namun jelas dia meski berusia tua, L300 mini bus tersebut bermesin tangguh dan terbukti dan teruni masih kuat di segala medan.

Mengenai pelayanan kenyamanan penumpang, seperti AC, menurutnya kebanyakan yang menumpang taksi colt mereka yang tak tahan dengan pendingin udara tersebut.

"Pernah ada rekan kami yang mencoba memasang AC di taksinya, tapi malah menumpangnya tidak tahan AC dan tetap minta bukakan kaca mobilnya," ujarnya.

Baca: Fakta Tak Terduga Angela Lee Tanggapi Tudingan Penyebab Billy Syahputra dan Hilda Vitria Putus

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved