Berita Internasional

Kapal Bawa 200 PenumpangTerbalik di Irak, 54 Orang Tewas, Kebanyakan Korban Anak-anak

Kapal itu dilaporkan tenggelam karena kelebihan muatan. Saat kejadian, kapal tersebut membawa ekitar 200 penumpang yang merayakan Nowruz.

Kapal Bawa 200 PenumpangTerbalik di Irak, 54 Orang Tewas, Kebanyakan Korban Anak-anak
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Ilustrasi - Korban Tenggelam karena Kecelakaan dengan Tali Penambat Akhirnya Ditemukan, Begini Kondisinya 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MOSUL - Sebuah kapal feri terbalik di Sungai Tigris di Mosul, Irak, Kamis (21/3/2019) karena diduga kelebihan penumpang.

Dilansir dari Kompas.com, puluhan orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut. Kebanyakan korban adalah perempuan dan anak-anak.

Dilaporkan Al Jazeera dan AFP Kamis (21/3/2019), pejabat setempat mengonfirmasi terdapat 54 korban tewas sementara 28 penumpang lainnya masih hilang.

"Kebanyakan korban merupakan perempuan dan anak-anak yang tidak bisa berenang," kata Husam Khalil, Kepala Otoritas Pertahanan Sipil Mosul.

Kapal itu dilaporkan tenggelam karena kelebihan muatan. Saat kejadian, kapal tersebut membawa ekitar 200 penumpang yang merayakan Nowruz.

Baca: Mirip Kasus Ethiophian Airlines, KNKT Belum Bisa Simpulkan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT 610

Nowruz merupakan tahun baru Suku Kurdi sekaligus menandai datangnya musim semi. Di Iran, hari libur itu dikenal dengan Tahun Baru Persia.

Seorang pejabat keamanan yang tak ingin disebutkan namanya berkata ketika kejadian, kapal itu tengah membawa para penumpang untuk piknik.

Jurnalis Al Jazeera natasha Ghoneim menjelaskan di media sosial telah beredar video detik-detik tenggelamnya kapal itu di Sungai Tigris.

"Orang-orang meloncat untuk menyelamatkan diri. Kami juga mendengar mereka yang berada di tepi sungai berteriak," ujar Ghoneim.

Otoritas sudah memperingatkan amsyarakat hujan lebat mengguyur selama beberapa hari air di bendungan Mosul dilepaskan, dan meningkatkan permukaan sungai.

(Penulis : Ardi Priyatno Utomo/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Terbalik di Irak karena Kelebihan Penumpang, 54 Orang Tewas"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved