Berita Banjarmasin

Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Masih Skeptis Pada Rapor Pemprov Kalsel Tahun Anggaran 2018

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) torehkan catatan positif dengan melampaui target pendapatan daerah di Tahun Anggaran 2018 Rp 6,6 T

Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Masih Skeptis Pada Rapor Pemprov Kalsel Tahun Anggaran 2018
banjarmasinpost.co.id
Ilustrasi: Suasana Sidang Paripurna DPRD Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) torehkan catatan positif dengan melampaui target pendapatan daerah di Tahun Anggaran 2018 yaitu Rp 6,6 triliun.

Jumlah ini lebih mencapai 102,47 persen dari target pendapatan daerah Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2018 yaitu Rp 6,45 triliun.

Nila tersebut tertuang dalam Laporan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Provinsi Kalsel Gelar Tahun Anggaran 2018.

Nota Pengantar LKPJ tersebut disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Burhanuddin, Kamis (21/3/2019).

Walaupun mengapresiasi capaian Pemerintah Provinsi Kalsel, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Danu Ismadi Saderi mengaku pihaknya akan mempelajari kembali dengan lebih detil LKPJ yang disampaikan Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut.

Ia menyoroti belum dapat tercapainya target komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga seratus persen.

Baca: Sekda: Revolusi Hijau Dengan Penanaman Terus Dilakukan Untuk Anak Cucu

Baca: Nasib Lagu Restu dari Syahrini di iTunes, Dalam 24 Jam Bikin Istri Reino Barack Bereaksi Begini

Baca: Live Streaming Inggris vs Republik Ceko Kualifikasi EURO 2020 via Streaming SuperSoccer TV

Walau demikian, PAD Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2018 tercatat meningkat dibanding PAD Tahun Anggaran sebelumnya.

Dimana PAD Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2018 berkontribusi sebesar Rp 3,57 triliun terhadap pendapatan pada APBD Provinsi Kalsel.

Komponen Dana Perimbangan menurut Danu menjadi faktor yang cukup membantu karena dapat melebihi target di Tahun Anggaran tersebut dengan nilai kontribusi pendapatan pada APBD Provinsi Kalsel sebesar Rp 2,99 triliun.

"Secara umum meningkat tapi tidak terlalu signifikan sekitar dua persen. PAD kita tidak sampai 100 persen target, yang di atas 100 persen di Dana Perimbangan," kata Danu.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved