Berita Banjarmasin

Petugas Ini Selalu Stand By, Siap Amankan Orang Gila Hingga Tertibkan Pengemis

Sepintas Pos Linmas Satpol PP berukuran 2,3 m X 3 m dipinggir Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin ini terlihat sepi dan tak ada penunggunya.

Petugas Ini Selalu Stand By, Siap Amankan Orang Gila Hingga Tertibkan Pengemis
Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Petugas Linmas Sat Pol PP saat di pos mereka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Sepintas Pos Linmas Satpol PP berukuran 2,3 m X 3 m dipinggir Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin ini terlihat sepi dan tak ada penunggunya. Namun kala kita mendekati pintu, ternyata sudah ada petugas Linmas Sat Pol PP membuka kan pintu.

"Ada bisa dibantu pak?," ucap Misra'I stu anggota yang stand by kala BANJARMASINPOST.CO.ID memasuki pos tersebut, Kamis (21/3) siang.

Tertnyata bukan hanya Misra I saja berada di pos yang terkesan agak sempit itu. Tiga anggota linmas tampak stand by di dalam pos termasuk satu anggota linmas perempuan berhijab bernama Fitri.

Para anggota ini tengah beristirahat sambil memantau lokasi sekitar pos mereka berada. Dan benar saja dari dalam pos mereka bisa memantau lokasi sekitar tanpa diketahui warga sekitar karena kacanya cukup gelap.

Ditemani AC yang bisa dikatakan tidak terlalu dingin, pos itu pun dilengkapi satu kipas angin kecil untuk menghalau panas . Maklumlah pos ini tanpa jendela dan dari kontainer sehingga jika siang hari panas cukup terasa.

Baca: Ustadz Abdul Somad Ingatkan 4 Syarat Perempuan Boleh Bekerja di Luar, Bukan Hanya Izin Suami

Baca: Tokoh Karateka Banua dan Jakarta Lepas Ketua Lemkari Kalsel ke Peristirahatan Terakhir

Misra I mengungkapkan mereka sudh stand by di pos sekitar pukul 09:00 Wita dan berakhir tugas pukul 22:30 wita .
"Usai apel pagi kita menuju pos dan standy by. Terkadang kita patroli di sekitar wilayah kita," paparnya seraya mengatakan nereka adalah anggota Linmas Reaksi Tanggap Cepat (RTC).

Tugas mereka adalah melakukan pemantauan terhadap hal-hal yang mengganggu ketertiban dan keamanan, seperti adanya para pengemis atau peminta-minta , hingga orang gila.

Ditambahkan rekannya Fahrurazi bahkan kadang-kadang warga melapor misalkan ada orang gila 'mengamuk' dan hal-hal yang menggangu lingkungan ke pihaknya. Pihaknya pun kerap ke lokasi danjika perlu bantuan maka mereka akan menelpon petugas Sat Pol PP untuk bergerak melakukan 'penangkapan' atau penertiban.

Kehadiran anggota linmas perempuan pun mereka rasakan sngat berguna dimana jika melakukan pengamanan terhadap perempuan maka petugas perempuan lah yang turun.

Kepala Sat Pol PP Kota Banjarmasin Hermansyah mengungkapkan Pos Linmas RTC tugasnya mengawasi lingkungan sekitrar i jika ada gangguan ketertoban dan keamanan sekitar tempat tersebut.

Untuk pos di Banjarmasin dda 11 pos yakni 6 pos RTC dan 5 pos Linmas kelurahan /kecamatan seperti ada 2 di Taman Kambojo dan petugasnya adalah linmas kelurahan dan kecamatan,(banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved