Berita Banjarmasin

Tokoh Karateka Banua dan Jakarta Lepas Ketua Lemkari Kalsel ke Peristirahatan Terakhir

Tokoh sekaligus Ketua Pengprov Lemkari Kalsel, Sudirman Umar SM meninggal dunia saat mendapat perawatan di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru, Kamis

Tokoh Karateka Banua dan Jakarta Lepas Ketua Lemkari Kalsel ke Peristirahatan Terakhir
Istimewa
Saat pemakaman Sudirman Umar SM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Tokoh sekaligus Ketua Pengprov Lemkari Kalsel, Sudirman Umar SM meninggal dunia saat mendapat perawatan di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru, Kamis (21/3/2019) pukul 17.00 wita.

Jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Jalan Balita Banjarbaru dan dimakamkan di dipemakaman umum seberang Kantor Balitra Banjarbaru, Jumat siang.

Harry Budiman, karateka Lemkari Kalsel menambahkan Sensei Sudirman Umar adalah sosok yang dikenal berkarakter keras dan disiplin.

Bentakan dan hukuman adalah ciri khas beliau. Namun itu semua dalam rangka mendidik dan membina para karateka yunior.

"Kalau ingin maju, harus disiplin dan bertanggujawab. Itu sering beliau sampaikan kepada kami. Soal kedisiplinan, salah satunya adalah beliau itu sangat tepat waktu. Jika kegiatan dimulai pukul 07.00 pagi maka beliau sudah ada di tempat pukul 06.30. Padahal kegiatannya di Banjarmasin sedangkan beliau dari Banjarbaru," jelas Harry, karateka Dan III ini.

Baca: Jadwal MotoGP Argentina 2019 Live Trans7, Valentino Rossi Langganan Penantang Juara MotoGP

Baca: Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Masih Skeptis Pada Rapor Pemprov Kalsel Tahun Anggaran 2018

Beliau juga sangat tanggungjawab dalam mengemban amanah. "Awalnya bukan beliau yang minta atau mengajukan diri sebagai Ketua Pengprov Lemkari Kalsel. Tapi kami yang minta beliau untuk bersedia. Ya, saat rapat kepengurusan, beliau tidak termasuk senior yang diundang. Ketika kami telepon agar mau memimpin kami, beliau hanya sedikit bertanya hal ihwalnya, kemudian menyatakan siap," ungkap Harry.

Cukup banyak pengorbanan beliau selama hampir tiga tahun memimpin Lemkari Kalsel. Dengan segala keterbatasan terutama hal dana organisasi, beliau mau berkorban dengan dana pribadi menggelar Kejuaraan Karate Lemkari se-Kalsel Piala Sudirman 1 dan 2.

"Atas pengorbanan, dedikasi dan loyalitas beliau. Kami bertekad akan terus melanjutkan Piala Sudirman 3, 4, 5 dan seterusnya setiap tahun untuk menghargai dan mengenang jerih payah beliau," tandasnya.

Hadir pula secara langsung kerumah duka hingga pemakaman Ketua Harian PB Lemkari, Ikhlas Bahar. Berjejer papan ucapan dari Ketua Umum PB Lemkari Prof Yuddy Chrisnandi SE ME. (Dubes Ukraina) ucapan lainnya, Johan Supit SE MM, Ketua Umum Forki Kalsel dan Ketua Forki Banjarmasin, Johansyah Muchlis, Keluarga Besar Pengprov Kalsel dan Keluarga Besar Pengguruan Inkai Banjarmasin, Balitra serta Keluarga Besar BBSDLP Bogor.

Ketua Harian PB Lemkari, H Ikhlas Bahar, menyatakan, sosok Sudirman patut diberi apresiasi positif atas kepemimpinannya selama ini.

"Orangnya tegas tapi juga mengayomi. Mau memberikan bimbingan bagi para pengurus dan karateka lainnya," terangnya.

Ia juga berterimakasih atas segala upaya yang dilakukan beliau untuk eksistensi Lemkari di Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved