Pemilu 2019

Alasan PKPI di Dua Wilayah ini Tak Ajukan Nama Caleg, Ahmad Zaki Optimistis Raihan Kursi Meningkat

PKPI, salah satu parpol yang batal menjadi peserta Pemilu tingkat kabupaten/kota, tercatat tidak mengajukan nama calon anggota

Alasan PKPI di Dua Wilayah ini Tak Ajukan Nama Caleg, Ahmad Zaki Optimistis Raihan Kursi Meningkat
BPost Cetak
BPost edisi cetak (23/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PKPI, salah satu parpol yang batal menjadi peserta Pemilu tingkat kabupaten/kota, tercatat tidak mengajukan nama calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Kota Banjarmasin di Pemilu Tahun 2019 ini.

Sekretaris DPP PKPI Kalsel, Ahmad Zaki, menjelaskan keputusan pendaftaran calon anggota legislatif di tingkat kabupaten/kota merupakan kebijakan pengurus PKPI di tingkat kabupaten/kota.

“Alasan utamanya karena ada langkah re-organisasi pada kepengurusan PKPI di kedua daerah tersebut,” ujarnya.

Proses konsolidasi internal dalam tubuh PKPI di Kabupaten Batola dan Kota Banjarmasin, kata Zaki, diperkirakan menjadi pertimbangan belum strategisnya pencalonan calon legislatif di kedua daerah ini.

Baca: Luna Maya Dapat Kejutan Saat Syahrini dan Reino Barack Liburan di Swiss, Dari Seseorang?

Baca: Di Persidangan Ahmad Dhani Tanyakan Status Saksi Ahli, Suami Mulan Jameela Tanya Sudah Menikah?

Baca: Perlakuan Anang Hermansyah dan Ashanty Buat Keluarga ART Menangis di Kampung

Baca: Terungkap! Tayangan Debat Ternyata Disukai Penonton Perempuan 40 Tahun Ke Atas, Ini Faktanya

Sebelumnya, pada Pemilu Legislatif tingkat Kabupaten/Kota di Kalsel Tahun 2014, PKPI memiliki calon anggota legislatif yang didaftarkan di wilayah Kota Banjarmasin.

Sedangkan di Kabupaten Batola, partai berlogo burung berwarna merah ini juga tak ajukan calon legislatifnya.

“Saya optimistis pengurus dan kader PKPI di Kabupaten Batola dan Kota Banjarmasin akan mengusung calon legislatif di seluruh kabupaten/kota di Kalsel pada Pemilu tahun 2024 nanti,” ujarnya.

"Mereka sedang re-organisasi, jadi biarkan dulu proses internal ini berjalan. Tapi saya yakin nanti di Pemilu 2024 akan ada caleg yang akan maju," tambah Zaki.

Pada tingkat DPP Kalsel, Zaki mengaku pihaknya ditargetkan setidaknya bisa kembali mendudukkan anggota legislatif tingkat kabupaten/kota tak kurang dari jumlah legislator pada masa jabatan 2014-2019.

Yaitu sebanyak delapan anggota legislatif yang tersebar di Kalsel di antaranya di Kabupaten Tanah Laut satu kursi, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) satu kursi, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dua kursi, Kabupaten Balangan dua kursi, Kabupaten Tabalong satu kursi dan Kabupaten Banjar satu kursi.

“Kami optimistis peluang terjadinya pergerakan peta basis suara PKPI di Kalsel dengan targetkan peningkatan raihan kursi legislatif di beberapa Kabupaten yaitu di Kabupaten Tabalong menjadi tiga kursi dan di Kabupaten Kotabaru juga sebanyak tiga kursi,” ujarnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved