Bumi Sanggam

Bupati Ansharudin Ingatkan ini Kepada Tim Pembina Tingkat Kecamatan

Peran tim pembina tingkat kecamatan dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa menjadi salah satu bagian penting agar bisa berjalan

Bupati Ansharudin Ingatkan ini Kepada Tim Pembina Tingkat Kecamatan
humas pemkab balangan
bupati buka workshop keuangan desa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Peran tim pembina tingkat kecamatan dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa menjadi salah satu bagian penting agar bisa berjalan lancar dan sesuai ketentuan.

Untuk itulah Bupati Balangan H Ansharuddin mengingatkan tim pembina tingkat kecamatan dalam hal ini camat beserta jajarannya harus bisa memahami betul regulasi yang mengatur tentang pengelolaan keuangan desa.

"Camat harus memahami betul regulasi mulai dari peraturan perundangan di tingkat pusat sampai regulasi di tingkat kabupaten yang mengatur terkait pengelolaan keuangan desa," ujar bupati saat membuka workshop Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa bagi Tim Pembina Tingkat Kecamatan se Kabupaten Balangan, Sabtu (23/3/2019) di Aula BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru.

workshop keuangan desa balangan
workshop keuangan desa balangan (humas pemkab balangan)

Menurut Ansharuddin, dana desa semakin tahun semakin besar, sehingga peran tim pembina tingkat kecamatan dalam hal ini camat beserta jajarannya sangat strategis dalam menentukan tertibnya pengelolaan keuangan di desa.

Untuk itulah dengan workshop yang dilaksanakan selama dua hari dan dibantu difasilitasi BPKP ini diharapoan tim pembina tingkat kecamatan semakin kompeten dan mampu mengawal serta memfasilitasi pengelolaan keuangan desa sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ansharuddin menyampaikan apresiasi kepada DPMD karena Balangan menjadi kabupaten pertama di Kalselyang sudah menyalurkan Dana Desa Tahap I dan II tahun 2019.

“Tentu ini berkat kerja keras dan kerjasama yang baik antara DPMD, kecamatan dan pemerintah desa dalam mengkompilasi laporan realisasi anggaran APBDes tahun anggaran 2018 se Kabupaten Balangan yang merupakan salah satu syarat dalam mengajukan pencairan Dana Desa 2019 dari RKUN ke RKUD,” ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada Camat Awayan beserta jajaran karena telah maksimal memfasilitasi penyusunan APBDes 2019 Desa se-Kecamatan Awayan, sehingga menjadi Kecamatan pertama yang capaian penyelesaian APBDes 2019 nya 100 persen.

“Untuk Kecamatan lain, segera fasilitasi desa dalam percepatan penyusunan APBDes 2019,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Balangan,
Urai Nur Iskandar, menyampaikan, kegiatan workshop ini berbentuk pola kemitraan dengan BPKP Perwakilan Provinsi Kalsel.

Dengan narasumber menghadirkan para pejabat dan auditor pada BPKP Perwakilan Provinsi Kalsel yang kompeten dan ahlinya dalam binwas pengelolaan keuangan desa. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved