Advertorial Bank Kalsel

Harapan dan Saran Komisi II DPRD Provinsi Kalsel untuk Bank Kalsel Agar Lebih Kompetitif

Harapan dan Saran Komisi II DPRD Provinsi Kalsel untuk Bank Kalsel Agar Lebih Kompetitif

Harapan dan Saran Komisi II DPRD Provinsi Kalsel untuk Bank Kalsel Agar Lebih Kompetitif
banjarmasin post group/ achmad maudhody
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, Haryanto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Belajar dan mencontoh inovasi kebijakan yang dilakukan daerah lain termasuk daerah tetangga menjadi hal yang lumrah dilakukan para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Hal ini pula yang disarankan oleh Anggota Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalsel, Danu Ismadi Saderi untuk dilakukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Provinsi Kalsel (Bank Kalsel) terhadap BPD Provinsi Kalteng (Bank Kalteng).

Dari hasil pengamatannya, Danu menilai dengan rasio kecukupan modal yang lebih kecil dibanding Bank Kalsel, Bank Kalteng bisa menghasilkan laba lebih besar.

Akibatnya, pembagian deviden kepada para pemiliknya yaitu Pemerintah daerah setempat juga lebih besar.

Baca: Sikap Tak Terduga Lia Ladysta Usai Dilaporkan Syahrini ke Polisi Soal Hubungan Sebelum Reino Barack

Baca: Tim Bulutangkis Indonesia Gagal ke Final Tong Yun Kai Cup 2019 Usai Kalah 0-3 dari Jepang

Baca: Hasil Akhir Subaru FC vs Al Fathir di Banjarmasin Futsal Ceria, Al Fathir Menangi Adu Penalti

"Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank Kalteng itu lebih rendah daripada Bank Kalsel tapi mereka dapat penghasilan lebih tinggi ini menarik. Jadi deviden yang diterima Pemdanya sekitar 4 kali lipat," kata Danu.

Menurutnya hal ini menjadi peluang bagi Bank Kalsel memaksimalkan perannya termasuk dengan mencontoh atau mempelajari kiat-kiat yang dilakukan Bank Kalteng.

Danu menilai banyaknya pembiayaan proyek sindikasi menjadi salah satu faktor yang dukung besarnya pendapatan Bank Kalteng beberapa waktu belakangan.

"Artinya kiat-kiat apa bisa dapatkan hasil sebesar itu. Dari yang diuraikan, kredit sindikasi bekerjasama dengan perbankan lain untuk proyek besar sehingga dapat penghasilan relatif besar," kata Danu.

Dengan memiliki Kantor Cabang di Jakarta yang tak dimiliki Bank Kalteng, Ia menilai seharusnya hal tersebut bisa membuka peluang lebih besar bagi Bank Kalsel untuk juga memperbanyak proyek pembiayaan sindikasinya dengan perbankan lain.

Walau demikian, Ia juga tak menampik cukup banyak program dan inovasi yang sudah dilakukan Bank Kalsel dan belum dilakukan BPD di Provinsi tetangga.

Baca: Jelang Isra Miraj 2019, Harga Telur di Banjarmasin Mulai Merangkak Naik Rp 1.000 - 2.000

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved