Pemilu 2019

Tiga Parpol Tak Punya Calon Legislatif, Ini Kata Ketua KPU Kabupaten Tapin

Tiga Parpol Tak Punya Calon Legislatif, Ini Kata Ketua KPU Kabupaten Tapin

Tiga Parpol Tak Punya Calon Legislatif, Ini Kata Ketua KPU Kabupaten Tapin
banjarmasin post group/ mukhtar wahid
Henny Hendriyanti, Ketua KPU Kabupaten Tapin, Sabtu (23/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Tiga partai politik (Parpol) peserta Pemilu di Kabupaten Tapin yang tidak mendaftarkan calon legislatifnya.

Itu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin, Henny Hendriyanti dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id seusai menghadiri Lomba Paduan Suara Pemilu 2019 di Rantau, Sabtu (23/3/2019).

Menurut Henny Hendriyanti, tiga parpol itu adalah Partai Gerakan Perubahan Indonesia atau Partai Garuda, Partai Hati Nurani Rakyat atau Partai Hanura dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Baca: Air Mata Mulan Jameela untuk Ahmad Dhani di Depan Al Ghazali, Dul Jaelani & Mantan Menteri

Baca: LIVE Supersoccer TV! Link Live Streaming Spanyol vs Norwegia & Italia vs Finlandia Malam Ini

Baca: Live Streaming RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Vietnam Penentu Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Dari tiga parpol itu, Henny Hendriyanti mengaku hanya Partai Hanura dan PBB tidak dibatalkan sebagai peserta Pemilu di Kabupaten Tapin karena menyerahkan laporan awal dana kampanye meskipun tidak ada calon legislatifnya.

"Partai Garuda untuk di Kabupaten Tapin dibatalkan sebagai peserta Pemilu karena tidak menyerahkan LADK dan tidak ada kepengurusan serta tidak ada calegnya," ujarnya.

Bagaimana surat suara ketiga parpol itu dicoblos pemilih di Kabupaten Tapin, pada 17 April 2019 dinanti.

"Ketiga partai itu calon legislatifnya hanya ada di tingkat Provinsi. Di daerah pemilihan Kabupaten Tapin hanya ada gambar partainya, tidak ada nama calegnya," katanya.

Henny Hendriyanti menjelaskan tiga parpol itu hanya ada calon legislatif di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, daerah pemilihan Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah.

Baca: Perjuangan Ibu Muda Cantik Asal Banjarbaru Terus Berlanjut di Masterchef 2019, Ini Strateginya

Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin, Thessa Aji Budiono membenarkan Partai Garuda di Kabupaten Tapin dibatalkan sebagai peserta Pemilu di daerah pemilihan Kabupaten Tapin, sesuai keputusan KPU RI yang surat tembusan itu diterimanya.

"Kalau dua parpol lainnya, Hanura dan PBB tidak dibatalkan sebagai peserta Pemilu di Kabupaten Tapin," katanya.

Cuma, Thessa Aji Budiono mengaku heran karena ketiga parpol yang tidak ada calon anggota legislatifnya untuk dipilih, punya jadwal kampanye rapat umum di daerah pemilihan Kabupaten Tapin," katanya. (banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved