Berita Banjarmasin

Titik Rapat Umum Kampanye Terbuka di Kalsel Disepakati, Ada 356 Titik Tersebar di Kalsel

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menetapkan titik lokasi penyelenggaraan rapat umum kampanye terbuka Pemilu 2019

Titik Rapat Umum Kampanye Terbuka di Kalsel Disepakati, Ada 356 Titik Tersebar di Kalsel
banjarmasinpost.co.id/acm
Kantor KPU Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menetapkan titik lokasi penyelenggaraan rapat umum kampanye terbuka Pemilu 2019 di Kalsel sebanyak 356 titik.

Tersebar di berbagai lokasi di Kalsel, lokasi terbanyak berada di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 68 titik, diikuti Kabupaten Banjar 41 titik, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 38 titik dan Kabupaten Tanah Laut 35 titik.

Sedangkan dua Kota di Kalsel yaitu Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru justru memiliki jumlah lokasi rapat umum kampanye terbuka paling sedikit yaitu masing-masing hanya 9 dan 2 titik.

Sedangkan lainnya di Kabupaten Kotabaru ada 24 titik, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU) dan Kabupaten Tabalong 19 titik.

Kabupaten Barito Kuala (Batola) miliki 16 titik, Kabupaten Tapin 15 titik dan di Kabupaten Balangan 11 titik rapat umum kampanye terbuka yang tersedia.

Baca: Lia Ladysta Mengaku Dapat Teror Dari Teman, Syahrini dan Reino Barack Tetap Mesra di Swiss

Baca: Milyuner Muda Menawarkan Pekerjaan Paling Keren di Dunia dengan Gaji Setengah Miliar, Berminat?

Baca: Luna Maya Ada di Sudut Ruangan Bareng Ariel NOAH di Ulang Tahun Bunga Citra Lestari?

Baca: Curhatan Pengasuh Adik Aurel Hermansyah Bongkar Perlakuan Anang Hermansyah & Ashanty, Bahas Ramalan

Titik lokasi rapat umum kampanye terbuka tersebut bervariasi termasuk berupa alun-alun, stadion maupun lapangan terbuka lainnya.

Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah menjelaskan titik yang disepakati oleh KPU dan Tim Kampanye Capres dan Cawapres serta Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu sudah disepakati dalam rapat koordinasi sebelumnya pada Kamis (21/3/2019).

Penentuan titik lokasi rapat umum kampanye terbuka ini juga menurut Edy merupakan serapan atas hasil koordinasi KPU tingkat Kabupaten/Kota di Kalsel dengan Pemerintah Daerah tingkat Kabupaten/Kota.

Untuk kegiatan rapat umum kampanye terbuka yang akan dimulai Minggu (24/3/2019) hingga Sabtu (13/4/2019), penyelenggara wajib mematuhi titik lokasi yang sudah disepakati dan ditetapkan tersebut.

"Ya ini jadi pedoman penyelenggara dalam memilih lokasi rapat umum kampanyenya, kecuali untuk pertemuan tatap muka dan pertemuan terbatas itu boleh di luar titik yang sudah ditentukan," terangnya.

Edy menambahkan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 dan diperbaharui dengan Peraturan KPU Nomor 33 Tahun 2018, Pelaksana rapat umum kampanye terbuka wajib mendaftarkan surat pemberitahuan pelaksanaan kampanye kepada pihak Kepolisian setempat.

Dimana pemberitahuan tersebut juga mencantumkan hari, tanggal, waktu, lokasi, perkiraan peserta yang hadir serta penanggungjawab kampanye yang juga ditembuskan kepada KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Menurut Edy, jika mengacu pada prosedur izin keramaian pada umumnya, setidaknya pemberitahuan ke pihak Kepolisian setidaknya satu minggu sebelum kegiatan digelar.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved