B Focus Urban Life

Empat Sentra Ditingkatkan Menjadi Cluster, dari Cluster Sasirangan hingga Kue Kering

Kabid perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Syaiful, menegaskan dalam rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK)

Empat Sentra Ditingkatkan Menjadi Cluster, dari Cluster Sasirangan hingga Kue Kering
BPost Cetak
BFocus edisi cetak Senin (25/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabid perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Syaiful, menegaskan dalam rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) 2019-2039, yakni ingin fokus pencapaian tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota ini terkait dengan KJPU dengan segenap potensi, unggulan dan prioritasnya.

“Pengembangan untuk koridor ekonomi yakni kawasan Basirih dan Mantuil Banjarmasin Selatan,” kata Ipul.

Menurut Ipul panggilan akrab Syaiful, RPIK ini sangat penting karena menjaga kearifan lokal, kesempatan antar sektor pembangunan dan menekan dominasi sektor pada sektor industri lainnya.

Selain itu, juga untuk penguatan hulu dan hilirisasi atau pabrikasi dan marketing sektor pembangunan hilirisasi industri secara integrasi.

Baca: Perlakuan Nikita Mirzani pada Driver Ojol Disorot, Bandingkan Saat Nyinyiri Syahrini dan Ahmad Dhani

Baca: Pujian Mischa Chandrawinata pada Ranty Maria Saat Ammar Zoni dan Irish Bella Makin Dekat Pernikahan

Baca: Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Kembali Tampil Mesra, Igun: Kalau Jodoh Tak Tertukar

Baca: Ekspresi Risih Suami Syahrini, Reino Barack Atas Perlakuan Incess? Lihat Wajah Mantan Luna Maya Itu

“Pemko juga ke depannya ingin ada regulator impact assestment sebagai landasan dalam efektifitas perizinan pada semua sektor industri dan pembangunan,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat dalam draft raperda rencana pembangunan kawasan perindustrian akan segera diusulkan penetapan dan pembahasan sejumlah sentra industri menengah dan kecil, menjadi cluster yakni cluster sasirangan di Seberang Masjid dan Sungai Jinggah, cluster kue kering di kawasan Pangeran sampai Kuin, cluster meubel di Alalalak, dan cluster kerupuk haruan di kawasan Kuin Banjarmasin.

“Hasil meubel di jalan Pahlawan rata-rata adalah hasil dari produksi di kawasan Alalak,” katanya.

Ditambahkannya, rencananya sentra-sentra sasirangan sampai meubel ini nantinya akan ditingkatkan menjadi cluster yang lebih tinggi dari sentra.

Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK) yang mengacu kepada Rencana Induk Pembangunan Industri Nasionaldan Rencana Pembangunan Industri Provinsi.

“Makanya, kita sedang menyusun dokumen untuk RPIK, termasuk kabupaten kota di Kalsel juga sedang melakukan hal yang sama,” katanya.

Ditambahkannya, pengembangan untuk koridor ekonomi yakni kawasan Basirih dan Mantuil Banjarmasin Selatan masih untuk jangka panjang ke depan.
Dalam waktu dekat yang dimasukkan dalam raperda yakni rencana penetapan cluster industri menengah dan kecil.

“Dengan ada dasar hukum atau SK cluster kawasan industri menengah dan kecil, maka memudahkan penataan dan pembinaan,” katanya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved