Berita Banjarmasin

Kepanikan dan Kebingungan Para Pengendara Menghadapi Prasimulasi Penutupan Jembatan Alalak

Adul terpaksa harus mengurungkan niatnya menuju gudang pupuk di Kelurahan Alalak Kecamatan Kabupaten Batola, Minggu (24/3) sekitar pukul 16.00 Wita.

Kepanikan dan Kebingungan Para Pengendara Menghadapi Prasimulasi Penutupan Jembatan Alalak
BPost Cetak
Blitz edisi cetak Senin (25/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Adul terpaksa harus mengurungkan niatnya menuju gudang pupuk di Kelurahan Alalak Kecamatan Kabupaten Batola, Minggu (24/3) sekitar pukul 16.00 Wita.

Mengendarai sebuah truk bermuatan kosong, ia pun kemudian memilih menepi di bahu Jalan Brigjen Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara.

Namun hal itu bukan dikarenakan mobilnya mogok, melainkan perjalanan Adul tertunda lantaran adanya prasimulasi penutupan Jembatan Sungai Alalak atau Jembatan Kayu Tangi Ujung.

"Soalnya kan mau mutar pun jauh, mesti harus ke Jalan Lingkar Utara dulu. Jadi dari pada habis bensin, mending nunggu prasimulasi ini selesai saja. Karena jam 5 sore, katanya dibuka lagi," ujar Adul.

Disinggung mengenai tanggapannya terhadap pelaksanaan prasimulasi penutupan jembatan Kayutangi, Adul sebetulnya mendukung saja.

Baca: Jadwal Pernikahan Ammar Zoni dan Irish Bella Terungkap via Undangan, Mantan Ranty Maria Nikah Disini

Baca: Wijaya Saputra Bicara Nikahi Gisella Anastasia Usai Kenalan Anak Gading Marten dan Gisel, Gempita

Baca: Perlakuan Nikita Mirzani pada Driver Ojol Disorot, Bandingkan Saat Nyinyiri Syahrini dan Ahmad Dhani

Baca: Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Kembali Tampil Mesra, Igun: Kalau Jodoh Tak Tertukar

"Kalau untuk hari ini, sebetulnya memang sudah tahu. Cuman tadi enggak tahunya jam berapa-berapa prasimulasi akan dimulai. Sedangkan untuk penutupan jembatan total ke depan, saya sih ikut dan mendukung saja. Karena kan tidak ada pilihan lain," ujarnya.

Lain Adul, berbeda lagi dengan Nisa, warga Handil Bakti tersebut justru sempat terlihat panik ketika menjumpai polisi berpakaian dinas.

Pasalnya, mereka yang mengira ada pemeriksaan surat-surat kendaraan atau razia, bergegas memeriksa surat-surat kendaraan ke dalam jok motor.

"Oh, penutupan jembatan ya. Saya kira tadi ada razia, makanya sempat panik dan periksa STNK. Kalau saja tertinggal," ujarnya sembari melewati penjagaan polisi.

Sedangkan, pemandangan berbeda nampak terlihat di Jembatan Kayutangi Ujung Kecamatan Banjarmasin Utara sejak Minggu sore kemarin.

KBO Satlantas Polresta Banjarmasin, Ipda Sunaryanto saat ditemui di sela apel prasimulasi penutupan jembatan, mengatakan proses tersebut hanya berlangsung Minggu (24/3) sejak pukul 15.00 hingga 17.00 Wita.

Selanjutnya jalan akan dibuka secara normal, sebelum akan dilanjutkan lagi untuk giat simulasi penutupan serupa pada Senin (25/3), pukul 8.00 hingga 10.00 Wita.

"Iya betul. Jadi untuk giat hari ini adalah masih hanya prasimulasi penutupan Jembatan Kayu Tangi saja. Seperti pelaksanaan sesungguhnya, maka ada beberapa arus lalu lintas direkayasa," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan adapun jalur-jalur yang mengalami rekayasa tersebut atau satu jalur diantaranya Jalan Perumnas, Cemara Ujung, Cemara Raya dan Jalan Adhiyaksa.

Sehingga untuk pengendara yang hendak menuju ke Marabahan, mereka bisa melalui Jalan Brigjen Hasan Basri, Perumnas hingga Jembatan Kayutangi II.

Sedangkan dari arah Marabahan, pengendara yang hendak ke Banjarmasin, bisa melalui Jembatan Kayutangi II, Jalan Cemara Ujung, dan Sultan Adam.

"Jadi saya harapkan selama pelaksanaan ini berlangsung, kepada para pengendara bisa maklum," kata Sunaryanto.

Hal senada juga diungkapkan perwakilan pengawas dari pihak pelaksana proyek pembangunan Jembatan Sungai Alalak, Andre, kemarin sore.

"Ya meskipun kami dari pihak proyek juga berharap penutupan nantinya tidak terlalu lama. Karena dengan penutupan jembatan nanti tentu akan menimbulkan banyak efeknya. Oleh karena itu, kordinasi, komunikasi dan sosialisasi pun sangat perlu," ungkapnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved