Berita Banjarmasin

PODSI Kalsel akan Seleksi Tim Inti Dayung Kalsel Awal April untuk Pra-PON Palembang 2019

Pedayung yang inti ini dipersiapkan untuk mengikuti Prapon yang akan dilaksanakan bulan Juli 2019 di Palembang.

PODSI Kalsel akan Seleksi Tim Inti Dayung Kalsel Awal April untuk Pra-PON Palembang 2019
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Atlet Dayung Kalsel sedang melakukan seleksi atlet Tim Inti Dayung Kalsel di Sungai Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID-BANJARMASIN - Tim bayangan proyeksi Pra PON untuk cabang dayung Kalimantan Selatan sudah mulai kelihatan setelah beberapa kali digelar seleksi.

Selanjutnya Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyusutkan jumlah atlet menjadi tim inti pada seleksi yang digelar 1-5 April nanti.

Ketua Podsi Kalsel H Achadiat Sugian mengatakan saat ini sudah ada sekitar 96 atlet dayung putra dan 29 putri yang masuk dalam tim bayangan dan 13 pelatih.

"Jumlah itu akan disusut menjadi tim inti sekitar 30 orang yang seleksinya digelar di Awang Regata Banjarmasin nanti," ujar pria akrab disapa Achadiat ini, Sabtu (23/3/2019) sore lalu.

Achadiat menambahkan jumlah tim inti itu sesuai dengan komposisi tim dayung dragon boat dragon boat atau perahu naga yakni 15 atlet sisi kanan dan 15 atlet sisi kiri.

Baca: Cekcok Saat Berdiskusi, Mahasiswa Universitas Timor Tewas Ditikam Temannya

Baca: Jadwal Pernikahan Ammar Zoni dan Irish Bella Terungkap via Undangan, Mantan Ranty Maria Nikah Disini

Pedayung yang inti ini dipersiapkan untuk mengikuti Prapon yang akan dilaksanakan bulan Juli 2019 di Palembang.

Achdiat menambakan ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian bagi sang atlet untuk mengisi tim inti nanti, tidak hanya memiliki fisik yang kuat namun kebugaraan juga menjadi aspek penting.

“Untuk laki-laki postur tubuh di atas 170 cm, untuk perempuan 160 cm. Dan yang paling penting kapasitas oksigen di paru-paru di atas rata-rata," jelas dia.

Seleksi atlet inti nanti juga berupa tes fisik mulai dari beban, prestasi dan lainnya. Setiap atlet dirangking hingga menjadi tim inti dan bayangan untuk digembleng pelatih masing masing.

Baca: Kepanikan dan Kebingungan Para Pengendara Menghadapi Prasimulasi Penutupan Jembatan Alalak

Baca: Anggota TRC BPBD Kapuas Tak Hanya Sigap di Darat, Penyelamatan Korban di Air pun Siap Dilakukan

Sebelumnya pada pada 8-9 September lalu seleksi dilakukan di Amuntai, Hulu Sungai Utara (HSU) untuk atlet banua anam. Selanjutnya seleksi dilakukan di Pagatan, Tanbu untuk atlet Tala, Tanbu, dan Kotabaru (Talabubaru).
Serta pada 30-31 September seleksi digelar di Banjarmasin untuk atlet wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, dan Baritokuala (Banjarbakula).

"Dari hasil seleksi didapatkan total 90 atlet, 26 atlet di antaranya atlet putri. Hasil ini menjadi tim bayangan untuk menuju tim inti Pra-PON Kalsel," papar dia. (Banjarmasin post.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved