Berita Kotabaru

Baru Seminggu Operasi, Kapal Perintis Sabuk Nusantara 93 Alami Kerusakan, Dok lagi

Ada kabar, kapal tersebut sempat kandas dan rodanya patah. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak PT Pelni Cabang Batulicin - Kotabaru.

Baru Seminggu Operasi, Kapal Perintis Sabuk Nusantara 93 Alami Kerusakan, Dok lagi
Dok/Pelni Batulicin Kotabaru
Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 93 yang melayani pelayaran Kotabaru-Pulau Sembilan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kapal Perintis Sabuk Nusantara (Sanus) 93 yang baru-baru ini beroperasi harus kembali tak berlayar.

Harusnya, Selasa (26/3/2019) beroperasi rute Kotabaru Batulicin, Marabatuan, Majene Pulang Pergi, gagal berangkat. Sehingga masyarakat Pulau Sembilan yang hendak ke Kotabaru atau Batulicin kembali harus menunggu.

Sempat ada kabar, kapal mewah yang baru berlayar kurang dari satu minggu tepatnya baruboperasi pada Selasa (19/3/2019) memgakami masalah. Ada kabar, kapal tersebut sempat kandas dan rodanya patah. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak PT Pelni Cabang Batulicin - Kotabaru.

"Tidak benar kalau rodanya kapal patah, tidak benar itu, emang kapnya ada rodanya? " kata Kepala Cabang Pelni Kotabaru, Purwadi, kepada Bajarmasinpost.co.id, Selasa (26/3/2019).

Purwadi mengatakan Sanus 93, terkait informasi kapal mengalami masalah kendala. Kemarin, memang diakuinya sempat ada kendala atau kandas di daerah Teluk Gosong Kecamatan Pulau Laut Timur sempat tidak bisa bergerak, karena menabrak karang.

Baca: VIDEO - SEDANG BERLANGSUNG! Live RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Brunei Darussalam di Pra Piala Asia

Baca: LIVE STREAMING Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam, Link Live Streaming RCTI

Baca: Istri Jonathan Firzzy Ungkap Kondisi Ranty Maria Saat Ammar Zoni dan Irish Bella Akan Menikah: Stres

Selama beberapa saat akhirnya bisa bergerak menuju Kotabaru. Setelah sampai pelabuhan Stagen di Kotabaru, dilakukan penyelaman untuk melakukan pemeriksaan ke bawah kapal.

"Jadi dilakukan penyeleman karena ditakutkan ada kebocoran, tapi ternyata tidak ada. Tidak ada masalah, tapi ditemukan satu kemudinya itu lepas sebelah kanan, hilang. Jadi mengganggu kegiatan kapal, tapi kapal masih bisa berjalan sampai dengan Majene dengan selamat," katanya.

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 93
Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 93 (Dok/Pelni Batulicin Kotabaru)

Namun, dengan kendala tersebut, dilaporkan ke kantor pusat. Setelah dilaporkan adanya kendala tersebut, kapal harus dilakukan kegiatan emergency docking dan berlabuh di Makassar.

"Jadi kapalnya kan sudah di Makasar berlabuh untuk pelaksanaan emergeny docking mulai Senin kemarin. Harusnya jadwalnya berangkat hari ini, Selasa dari Batulicin menuju Marabatuan dan Majene, tapi karena adanya kendala ini, kapal tidak bisa operasi untuk sementara," katanya.

Baca: Cara Aurel dan Azriel Hermansyah Tak Abaikan Krisdayanti, Saat Berlibur Bersama Ashanty di Turki

Ditanya terkait, kapan bisa operasi lagi, dia tidak bisa memberikan penjelasan. Namun saat selesai semuanya, maka akan kembali operasi.

"Jadi masyarakat juga perlu tahu, dengan kendala ini, untuk sementara tidak ada kapal pengganti sampai emergency docking selesai. Tapi Sanus 99 masih operasi meski rutenya lebih panjang dan lebih lama," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved