Berita Banjarmasin

Baznas dan Kemenag Kalsel Gelar Nikah Massal Pertama di Banua, 50 Pasang Kurang Mampu

pelaksanaan nikah massa yang baru kali pertama digelar di Kalsel ini akan dilaksanakan sesudah Pemilu dan sebelum Ramadhan.

Baznas dan Kemenag Kalsel Gelar Nikah Massal Pertama di Banua, 50 Pasang Kurang Mampu
BANJARMASINPOST.co.id/syaiful anwar
Ketua Baznas Kalsel, Pangeran HG Rusdi Effendi AR dan Kepala Kemenag Kalsel laksanakan rapat persiapan nikah massal di Banua, Selasa (26/3/2019). 

BANJARMASIN POST.CO.ID - Gebrakan kembali digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalsel dengan melaksanakan nikah massa bagi warga kurang mampu dilaksanakan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Berdasarkan hasil rapat perdana Ketua Baznas Kalsel, Pangeran H Rusdi Effendi AR dan Kepala Kemenag Kalsel, H Noor Fachmi di ruang Anjung Banjarmasin Post, Selasa (26/3/2019), disepakati 50 pasang perwakilan 13 Kabupaten Kota se Kalsel.

Hadir di rapat tersebut Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Pelaporan, Wakil Bidang Pengumpulan Suhermar Djamaluddin, Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H Irhamsyah Safari, Sekretaris Baznas Kalsel Ahmad Rafi'i, dan Pelaksana Baznas A Nikhrawi Hamdie.

Kepala Kemenag didampingi A Sawiti Kabid Urais dan Binsyar H Fakhruddin Kabid Penais Zakat dan Wakaf serta H Zainal Arifin, Kasi Kepenghuluan.

Baca: Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran 2018, Bupati HSS Paparkan Sejumlah Prestasi Daerah

Menurut Pangeran Rusdi Effendi AR, rencananya, pelaksanaan nikah massa yang baru kali pertama digelar di Kalsel ini akan dilaksanakan sesudah Pemilu dan sebelum Ramadhan.

"Jumlah pasangan yang dinikahkan sebanyak 50 pasang. Rencanannya tiap kabupaten/kota akan diminta mengirim dua orang dan sisanya berasal dari Banjarmasin," ungkapnya.

Dijelaskan Pemimpin Umum Banjarmasin Post ini, tujuan dilaksanakan nikah massal ini untuk membantu keluarga kurang mampu yang ingin menikah.

"Kami akan membikin dekorasi dan acara menikah yang cukup meriah, supaya mereka bangga. Kedua mempelai mengenakan pakaian bahari, teluk belanga dan baju kurung," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Provinsi Kalsel, H Noor Fachmi mengatakan pihaknya menyambut baik ajakan kerjasama Baznas Kalsel melaksanskan nikah massal.

Baca: Baru Seminggu Operasi, Kapal Perintis Sabuk Nusantara 93 Alami Kerusakan, Dok lagi

"Ini namanya gayung bersambut, karena kami sangat mendukung kegiatan positif, membantu ummat yang kurang mampu," ucapnya.

Menurut Fachmi, dengan acara pernikahan seperti orang juga, membuat mereka bangga.

"Kami akan membantu mendatangkan pengantin yang berada di daerah, memfasilitasi membikin buku nikah dan kartu nikah elektronik dan lain-lain," pungkasnya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved