Saraba Kawa

Musrenbang RKPD Pemkab Tabalong, Utamakan Program Prioritas Pembangunan

Kepala Bappeda Tabalong Drs H Mahdi Noor mengatakan kegiatan ini diharapkan menyesuaikan antara program yang dijalankan dengan aspirasi masyarakat.

Musrenbang RKPD Pemkab Tabalong, Utamakan Program Prioritas Pembangunan
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong menggelar musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kabupaten, Senin (25/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong menggelar musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kabupaten, dihadiri oleh seluruh pejabat Pemda, DPRD Tabaong, Muspida, perbankan dan perusahaan yang ada di Tabalong kegiatan ini digelar di Pendopo Bersinar, Selasa (26/03/2019).

Kepala Bappeda Tabalong Drs H Mahdi Noor M.Si mengatakan kegiatan inindiharapkan dapat menyesuaikan antara program yang dijalankan dengan aspirasi masyarakat. Program pembangunan yang menjadi prioritas juga diselaraskan dengan visi misi.

Sinergi seluruh pihak dalam memaksimalkan potensi daerah juga diharapkan bertambah dengan adanya kegiatan ini, sekaligus penguatan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Musrenbang jyga menjadi media komunikasi publik untuk mendukung dan menyiarkan program selanjutnya.

Kepala Bappeda juga menjabarkan beberapa keberhasilan pada program lima tahun terakhir. Salah satunya adalah peningkatan IPM yang juga menunjukkan adanya peningkatan pada kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan standar kehidupan yang layak.

"Pertumbuhan ekonomi juga mengalami peningkatan dari point 3,5 menjadi 3,8. Dan kami targetkan pada rencana pembangunan jangka menengah sudah bisa meningkat di point 4 persen," ujarnya.

Pembangunan infrastruktur juga teeus dilakukan secara merata hingga ke pelosok desa, baik pembangunan jalan, jembatan dan irigasi.

Ekonomi kerakyatan juga semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah UMKM dari 52.418 pada tahun 2015 menjadi 53.482 pada akhir 2018.

"Target menciptakan 5000 wirausaha baru sukses melebihi target yaitu berhasil menciptakan 6.198 wirausaha baru dengan dilakukan pembinaan, dan mereka tidak bergantung pada sistem formal," ungkapnya.

Untuk program pembangunan mendatang juga akan terus melanjutkan dari yang telah ada. Baik dibidang kesehatan, pendidikan, peningkatan pertumbuhan ekonomi,

Target pembangunan tahun 2020 adalah Indek Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 72,17, meningkatkan angka harapan hidup menjadi 70,21 tahun, rata rata lama sekolah menjadi 8,99 tahun, persentase penduduk miskin menurun menjadi 5,85 persen, laju pertumbuhan ekonomi 3,87 persen dan tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 3.05.

Sedangkan proyeksi untuk pembiayaan melalui proyeksi kapasitas riil kemampuan keuangan daerah Kabupaten Tabalong tahun 2020 besar pendapatan daerah adalah sekitar Rp 1,54 triliun yang digunakan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp 805 miliar dan kapasitas riil kemampuan keuangan daerah Rp 735 miliar.

Ketua DPRD Tabalong H Darwin Awi mengatakan program pembangunan yang diusulkan sudah sesuai dengan hasil kunjungan kerja ke desa. "Kami menyerap dan menghimpun saran dan usulan dari konstituen di kecamatan melalui kunjungan kerja secara berkala dan menampung danmenindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat," ujarnya.

Terpisah Bupati Tabalong H Anang mengatakan Pemerintah Daerah akan melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan sesuai dengan rencana dan target.

"Pencapaian rencana pembangunan memerlukan dukungan dari seluruh pihak, memaksimalkan seluruh potensi daerah," ujarnya. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved