Bumi Antaluddin

Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran 2018, Bupati HSS Paparkan Sejumlah Prestasi Daerah

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran (TA) 2018

Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran 2018, Bupati HSS Paparkan Sejumlah Prestasi Daerah
HO/Dinas Kominfo HSS
Penyerahan dokumen LKPJ Bupati HSS Tahun Anggaran 2018 kepada unsur pimpinan DPRD HSS, Selasa (26/3/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran (TA) 2018 ke DPRD HSS pada Rapat Paripurna Selasa (26/3/19) di ruang rapat DPRD Kabupaten HSS.

Rapat dipimpin Ketua DPRD H Akhmad Fahmi, dihadiri Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya Dandim 1003/kdg Letkol Inf Suhardi Aji Wijayanto, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Dian Erdianto, Wakil Ketua I dan II beserta anggota DPRD Kabupaten HSS, Pj Sekdaretaris H Hubriansyah, beserta para pejabat di lingkup Pemkab HSS.

Bupati menyatakan, laporan tersebut merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas Pemkab yang diberi mandat menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. LKPJ 2018 merupakan tahun terakhir pencapaian RPJMD 2013-2018 dengan Visi 2013-2018, Mewujudkan Kabupaten HSS yang Sejahtera, Agamis dan Produktif.

Sekaligus LKPJ merupakan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Pemkab HSS selama tahun 2018 yang meliputi Urusan Konkuren yang terbagi dalam Urusan Wajib dan Urusan Pilihan, Pelaksanaan Fungsi Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah serta penyelenggaraan Tugas Umum Pemerintahan.

Bupati HSS H Achmad Fikry saat menyampaikan LKPJ 2018 kepada DPRD HSS.
Bupati HSS H Achmad Fikry saat menyampaikan LKPJ 2018 kepada DPRD HSS. (HO/Dinas Kominfo HSS)

Selain itu, LKPJ TA 2018 menggambarkan detail pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan beserta gambaran terkait kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah. Dalam aspek tingkat pencapaian Standar Pelayanan Minimal, pencapaian sasaran RPJMD 2014-2018 disertai kendala dan hambatan yang dihadapi, solusi yang dijalankan serta berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih.

Dijelaskan, belanja daerah diprioritaskan untuk melaksanakan fungsi pelayanan dasar kepada masyarakat, yang meliputi pendidikan, kesehatan, penyediaan infrastruktur dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan perekonomian masyarakat.

Selanjutnya Bupati menyampaikan realisasi pencapaian target sasaran RPJMD tahun ke-5 (tahun 2018) secara keseluruhan dapat dikategorikan dengan capaian kinerja yang sangat tinggi. Yang dibuktikan dengan persentasi capaian sebagian besar indikator sasaran RPJMD yang mencapai nilai di atas 137,52%.

Menurutnya indikator sasaran RPJMD yang pencapaiannya masih sangat rendah akan menjadi perhatian utama di tahun 2019 untuk diperbaiki kinerjanya. Empat indikator sasaran RPJMD yang kriteria kinerja sangat rendah yang semuanya berada di bidang Kesehatan adalah Angka Kematian Bayi, Jumlah Kematian Neonatal (bayi berumur dibawah 28 hari), Cakupan Pelayanan Kesehatan Dasar Masyarakat Miskin dan Angka Kesakitan akibat Demam Berdarah Dengeu (DBD).

Anggota DPRD HSS Menyimak penyampaian LKPJ Bupati HSS 2018 pada Rapat Paripurna di DPRD HSS.
Anggota DPRD HSS Menyimak penyampaian LKPJ Bupati HSS 2018 pada Rapat Paripurna di DPRD HSS. (HO/Dinas Kominfo HSS)

Untuk itu Pemkab HSS akan mengambil langkah yang lebih inovatif dan bersifat preventif pada program dan kegiatan bidang kesehatan. Tentunya program dan kegiatan yang nanti dilaksanakan membutuhkan dukungan dan sinergi masyarakat dan semua pihak terkait agar bisa mencapai target yang diharapkan.

Pada kesempatan itu, Bupati bersyukur di tahun 2018 banyak prestasi yang telah dicapai oleh Pemkab HSS, berkat kerja keras semua, dukungan DPRD, dukungan Stake Holder dan dukungan masyarakat sehingga Pemda telah memperoleh 41 penghargaan di tingkat Provinsi.

Sedangkan di Tingkat Nasional memperoleh penghargaan pertama dengan Nilai Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten HSS dengan Predikat “BB“ (baik sekali) yang satu-satunya Kabupaten HSS di pulau Kalimantan.

Selain itu Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi 2018 Terhadap Standar Pelayanan Publik dengan nilai 92,53 (Hijau), Penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Katagori Baik tahun 2018 dari Kementerian PAN RB kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten HSS, Dinas Penanaman Modal PTSP Kabupaten HSS dan RSUD H. Hasan Basry Kandangan.

Penyerahan dokumen LKPJ Bupati HSS Tahun Anggaran 2018 kepada unsur pimpinan DPRD HSS, Selasa (26/3/2018)
Penyerahan dokumen LKPJ Bupati HSS Tahun Anggaran 2018 kepada unsur pimpinan DPRD HSS, Selasa (26/3/2018) (HO/Dinas Kominfo HSS)

Penghargaan lainnya adalahKepatuhan tinggi terhadap Standart Pelayanan Publik kepada Dinas Penanaman Modal PTSP HSS dari Ombudsman dengan nilai 92,53. Penghargaan dari Kementerian Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk yang kelima kalinya.

Penghargaan sebagai Kebupaten Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2017 dari Kementerian Hukum HAM, Penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama oleh Kementrian PPPA, Pelopor Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) oleh Kementrian PPPA RI tepatnya ruang terbuka hijau palidangan sehati, Penghargaan Sekolah Ramah Anak oleh Kementrian PPPA RI, Juara IV Lomba Sekolah Sehat TK Nasional kategori Best Achiefment MTsN 1 Hulu Sungai Selatan, Penghargaan Adiwiyata Mandiri oleh Kementerian LHK diserahkan kepada SMAN 2 kandangan dan memperoleh Predikat Pasar Tertib Ukur dari Dirjend. Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan bagi 11 Pasar di Kabupaten HSS. (*/Aol)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved