Berita Tanahlaut

Di Penutupan TMMD ke-104 di Pelaihari, Nafsiah Berdoa dan Sujud Syukur, Ternyata Ini Penyebabnya

Kebahagiaan dan puas terpancar di wajah satuan tugas (satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 1009/Pelaihari.

Di Penutupan TMMD ke-104 di Pelaihari, Nafsiah Berdoa dan Sujud Syukur, Ternyata Ini Penyebabnya
HO/Humas Kodim Pelaihari
Nafsiah sujud syukur di depan rumahnya yang telah dibedah dalam program TMMD ke-104. Dia sujud syukur karena menyangka rumahnya yang sebelumnya kecil dan reot menjadi rumah permanen yang indah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kebahagiaan dan puas terpancar di wajah satuan tugas (satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 1009/Pelaihari.

Kebahagian itu dikeranakan selesainya program TMMD ke 104 Kodim 1009/Pelaihari di Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang  Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, Rabu (27/3/2019) sejak satu bulan lalu.

Namun kebahagiaan itu tak hanya milik satgas TMMD, namun juga janda 60 tahun Nafsiah. Ia tampak sangat bahagia dan menyangka rumahnya yang sebelumnya kecil dan reot menjadi rumah permanen yang indah.

Ungkapan rasa bahagianya juga ditunjukkan dengan sujud syukur di teras rumahnya.

"Alhamdulillah terimasih banyak kepada Satgas TMMD Kodim 1009/Pelaihari yang sudah membangun rumah saya, semoga Satgas selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas," ujarnya sambil menangis bahagia.

Baca: Program TMMD Ke-104 di Haruai, Tabalong Terlaksana Sesuai Target

Rumah perempuan buruh sadap karet dan pemelihara ternak warga ini sebelumnya dibangun tahun 1992 dan sebelumnya dalam kondisi berdinding kayu papan yang sudah rapuh serta atap bocor. Lantai rumah Nafsiah juga tak dicor sehingga lantainya masih berupa tanah.

Rencananya rumah Nafsiah akan direnovasi, namun setelah suaminya meninggal ia tak punya biaya untuk memperbaiki rumahnya.

"Kalau satgas TMMD tidak memerbaiki, saya tidak akan bisa merenovasi sampai sekarang, Alhamdulillah ya Allah," ujarnya yang kali itu didampingi cucunya.

Perempuan yang tinggal bersama cucunya ini juga meminta agar Satgas tak lupa kepadanya.
"Walaupun TMMD nya sudah berakhir jangan lupa mampir ke rumah saya," ujarnya.

Kebahagian selesainya program TMMD ke 104 Kodim 1009/Pelaihari juga dirasakan warga sekitar. Pasalnya banyak infrastruktur dan kegiatan non fisik terbangun berkat gelar TMMD ini.

Nafsiah sujud syukur di depan rumahnya yang telah dibedah dalam program TMMD ke-104 di Tanahlaut.
Nafsiah berdoa kemudian sujud syukur di depan rumahnya yang telah dibedah dalam program TMMD ke-104 di Tanahlaut. (HO/Humas Kodim Pelaihari)

Sebelumnya program TMMD ke 104 Kodim 1009/Pelaihari dipeningkatan badan jalan setinggi empat meter, pembuatan drainase dan siring, peningkatan kualitas rumah, TPA, dan juga masjid. Selain itu juga dilakukan pembinaan masyarakat misalnya kesehatan hingga pendidikan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Link Live Streaming India Open 2019, Tommy Sugiarto vs Subhankar Dey Siap Main

Sebelumnya Staf Ahli Kasad, Mayor Jendral TNI Agus Suhardi dan Paur Wasev Spaban V/Bakti TNI di dampingi Staf Ahli Pangdam VI/Mlw Bidang Ideologi Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD ke -104  TA 2019  Wilayah  Kodim 1009/Pelaihari. Berdasarkan hasil pengawasan dinyatakan kegiatan fisik dan non fisik yang saat sudah mencapai seratus persen semua sudah dilaksanakan dan dikerjakan oleh Satgas TMMD. Maka diharapkan masyarakat wilayah itu akan terbantu dengan sarana prasarana yang berhasil dibangun dalam kegiatan  TMMD.

"Selanjutnya kita serahkan kepemerintah daerah hadil karya TNI," ujarnya Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes.

Sementara Bupati Tanahlaut H Sukamta mengatakan program TMMD ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi kerja TNI, yang telah banyak membantu dalam kegiatan TMMD ke 104 di Desa Martadah Baru," ujarnya.

Selanjutnya tambahnya Pemkab Tanahlaut akan menambah rambu-rambu yang mengatur angkutan yang melintas.

Dalam acara penutupan TMMD yang digelar di Lapangan Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang, Rabu (27/3/2019) turut hadir Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Bagus Budi Adrianto, ketua DPRD Tala, Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Darmawan  dan sejumlah SKPD Pemkab Tanahlaut.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved