Bumi Selidah

Tunjang Wisata Pulau Bakut, Pokdarwis Marabahan Baru Dibantu Klotok

Bantuan klotok yang berjumlah 4 buah itu diserahkan langsung oleh Bupati Noormiliyani kepada masing-masing perwakilan Pokdarwis di kedua desa.

Tunjang Wisata Pulau Bakut, Pokdarwis Marabahan Baru Dibantu Klotok
HO/Humas Batola
Bupati Hj Noormiliyani AS didampingi Kepala Disporbudpar Gusti Ruspandi dan pejabat lainya mencoba berkeliling Pulau Bakut dengan kelotok wisata, Selasa (25/03/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Bakut yang berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) sejak November 2018 telah diresmikan Bupati Hj Noormiliyani AS sebagai kawasan wisata untuk umum.

Untuk menunjang keberadaan wisata yang lokasinya ada di bawah Jembatan Barito itu, Pemkab Batola melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) memberi bantuan klotok kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Marabahan Baru Kecamatan Anjir Muara dan Desa Beringin Kecamatan Alalak.

Bantuan klotok yang berjumlah 4 buah itu diserahkan langsung oleh Bupati Noormiliyani kepada masing-masing perwakilan Pokdarwis di kedua desa itu setelah dilakukan tapung tawar (proses pengobatan) di bawah Jembatan Barito, Selasa (25/03).

“Dengan adanya bantuan ini nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi kawasan konservasi Pulau Bakut sebagai Taman Wisata Alam yang dapat memberi manfaat baik ekologi, ekonomi, dan sosial terhadap masyarakat sekitar secara khusus serta lainnya secara umum sekaligus dapat meningkatkan peranserta dan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Povinsi Kalsel itu menerangkan, pengusahaan taman wisata alam Pulau Bakut melibatkan masyarakat sekitar melalui mekanisme kelompok sadar wisata mitra pariwisaata dari desa-desa sekitar kawasan dengan kegiatan pariwisata alam di Pulau Bakut akan dapat memberikan efek domino bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan secara berkalanjutan.

“Saya harapkan pokdarwis kedua desa tersebut dapat menggunakan dan memelihara bantuan kelotok dengan baik sebagai salah satu sarana transportasi menunjang kunjungan wisatawan serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus mampu menciptakan sapta peseona sebagai pedoman pengelolaan kepariwisataan,” ucap Noormiliyani.

Sebelumnya, Kepala Disporbudpar Gusti Ruspandi mengatakan, penyerahan bantuan dilakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan kepariwisataan Batola dari salah satu destinasi wisata Pulau Bakut. Untuk menunjang itu, lanjutnya, disporbudpar mempunyai program peningkatan pembangunan sarana prasarana melalui kegiatan susur sungai sebagai salah satu promosi wisaata melalui jalur sungai Barito. (*/Aol)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved