Berita Tanahbumbu

NEWSVIDEO : Nelayan Berharap Ada Pembenahan Fasilitas Di Pelabuhan Perikanan Batulicin

Pelabuhan Perikanan Batulicin, jalan Fitriannor, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat Tanahbumbu ramai oleh aktivitas nelayan.

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Pelabuhan Perikanan Batulicin, jalan Fitriannor, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat Tanahbumbu, ramai oleh aktivitas nelayan melakukan bongkar ikan hasil tangkapan.

Setidaknya selain puluhan nelayan, para pengumpul ikan tangkapan tampak sibuk oleh akvitas yang menjadi kegiatan rutin keseharian mereka di pangkalan pendaratan ikan (PPI) saat menjadi kewenangan pemerintah kabupaten.

Pengamatan banjarmasinpost.co.id di lapangan, bermacam kegiatan dilakukan di pelabuhan yang padat kegiatan. Mulai dari pembongkaran ikan di kapal, penimbangan ikan oleh pengumpul hingga pengangkutan ke mobil.

Beberapa jenis Ikan hasil tangkapan nelayan yang diperoleh dari penyambangan yang dianggkut menggunakan gerobak dari pelabuhan, dinaikan ke mobil untuk didistribusikan ke Kabupaten Tanahbumbu.

Baca: Penumpang Pesawat Garuda Perdana Pakai Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya

Baca: Pelaku Pengeroyokan Diringkus Polsek Hampang Kotabaru, 3 Pelaku Lainnya Masih Diburu

"Ini namanya ikan rumah-rumah. Kalau di Banjarmasin biasa disebut ikan Peda," celetuk salah seorang nelayan ditemui di pelabuhan kepada banjarmasinpost.co.id, Kamis (28/3/2019).

Manye, salah seorang pengumpul mengatakan, kegiatan di Pelabuhan Perikanan Batulicin, rutin setiap hari dilakukan nelayan.

"Jumlahnya bisa sampai 50 kapal yang bongkar ikan di sini," jelas Manye.

Menurut dia, melakukan aktivitas di pelabuhann selain nelayan tangkap. Namun juga ada nelayan penyambang--pembeli di laut--kemudian di bongkar di pelabuhan.

Hanya dalam lima bulan terahir, tambah Manye, hasil tangkapan agak menurun dari bulan-bulan sebelumnya.

"Tidak tahu apakah nelayan tidak melalut, atau hasil tangkapan yang kurang. Kalau cuaca sih bagus saja," katanya.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved