Pilpres 2019

Live Streaming Indosiar Debat Capres Keempat Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo, KPU Perketat Segmen Ini

Live Streaming Indosiar Debat Capres Keempat Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo, KPU Perketat Segmen Ini

Live Streaming Indosiar Debat Capres Keempat Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo, KPU Perketat Segmen Ini
(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jelang Live streaming debat Capres keempat Pilpres 2019 di Indosiar, SCTV, dan Metro TV yang pertemukan Jokowi vs Prabowo Subianto, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbarui format debat keempat para calon presiden (capres) yang akan diselenggarakan Sabtu (30/3/2019).

Rencananya, alokasi waktu debat Capres Pilpres 2019 yang disiarkan langsung di Indosiar SCTV dan Metro TV, pada segmen keempat dan kelima akan diperketat.

Khusus segmen debat Capres Pilpres 2019 ini, capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan saling bertanya dan menanggapi.

"Kami perbarui pada sesi keempat dan kelima di mana pengaturan waktunya itu supaya lebih tegas dan memudahkan moderator dalam mengatur lalu lintas debat pada sesi keempat dan kelima," kata komisioner KPU, Wahyu Setiawan, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu siang.

Baca: VIDEO Live Streaming Indosiar Bhayangkara FC vs Arema FC Piala Presiden, Skor 0-1 Babak Pertama

Baca: Sindiran Istri Irwan Mussry, Maia Estianty Untuk Kisah Luna Maya Syahrini & Reino Barack

Baca: Perasaan Anang Hermansyah Saat Aurel & Azriel Buat Kejutan Ulang Tahun Krisdayanti, Ada Pesan Ini

Baca: Reaksi Ibu Ayu Ting Ting Putrinya Dipeluk Shaheer Sheikh, Umi Kalsum Sebut Pelaminan Siti Badriah

Alokasi waktu untuk segmen keempat dan kelima sebanyak delapan menit. Durasi ini sama dengan segmen keempat dan kelima debat ketiga.

Namun, pada debat ketiga tak diatur alokasi waktu untuk menjawab dari masing-masing kandidat.

Dengan demikian, dimungkinkan waktu yang didapat kandidat tak sama. Untuk menghindari hal tersebut, pada debat keempat KPU mengalokasikan waktu dua menit bagi setiap kandidat untuk menjawab.

"Waktunya kami batasi. Masing-masing kandidat diberi kesempatan bicara dua menit. Kandidat berikutnya dua menit sehingga delapan menit itu terbagi adil.

Masing-masing mendapat alokasi waktu empat menit," ujar Wahyu.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saling memberi salam seusai debat capres 2019 disaksikan moderator di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saling memberi salam seusai debat capres 2019 disaksikan moderator di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Capres boleh saja tak menggunakan seluruh alokasi waktu untuk menjawab, tetapi capres tidak boleh menjawab melebihi batas waktu yang ditentukan. "(Tak gunakan seluruh waktu) hak mereka, tetapi alokasi waktu paling banyak adil," ujar Wahyu.

Halaman
12
Editor: Restudia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved