Berita Tabalong

Pemkab Tabalong Bangun Kantor Untuk Pengelola TPA di Bongkang Haruai, Ini Tujuannya

Pemkab Tabalong melalui Dinas Lingkungan Hidup saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pemkab Tabalong Bangun Kantor Untuk Pengelola TPA di Bongkang Haruai, Ini Tujuannya
BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati
Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Tabalong membangun kantor di TPA Bongkang Kecamatan Haruai, Tabalong. 

BANJARMASJNPOST.CO.ID, TANJUNG - Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Lingkungan Hidup saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dengan memindahkan TPA ke daerah yang lebih luas dan memadai untuk mengolah dan menimbun sampah.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rowi Rawatianice mengatakan pembiayaan pembangunan TPA baru yang berada di Bongkang Kecamatan Haruai mendapatkan dana dari Pemerintah pusat dan daerah.

Dari pembangunan yang bersumber APBN telah dibangun cell untuk penumpukan sampah yang nantinya akan dikelola melaluo sanitary land field. Pembangunan yang telah rampung adalah installasi limbah dan jalan untuk operasional.

Rowi menambahkan tahun ini kembali akan dibangun kantor untuk penjaga atau pengelola TPA. Rumah tersebut nantinya digunakan untuk pengelola yang bertugas melakukan perawatan serta melakukan pendataan sampah yang masuk.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG LIVE STREAMING Debat Capres Pilpres 2019 Live Kompas TV, Trans 7

Baca: Live Streaming Kompas TV! Siaran Langsung SCTV Debat Keempat Pilpres 2019, Capres Jokowi vs Prabowo

Baca: Link Live Streaming Debat Capres ke-4 Pilpres 2019 di Trans7, Metro TV Indosiar Mulai Jam 20.00 WIB

Baca: Tak Lapor SPT Tahunan Denda Rp 100 ribu, Hari ini Terakhir Pelayanan Hel Desk di Kantor Pajak

Pembangunan sumur air dan tempat untuk mencuci mobil juga akan dibangun. "Pagar juga akan dibangun tahun ini, meskipun belum bisa sekeliling dari TPA mungkin bagian belakang dan akan dilanjutkan secara bertahap," ujarnya.

Untuk pemanfaatan akan dilakukan setelah pembangunan fasilitas rampung dan telah dilakukan pemeliharaan. Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup Tabalong juga akan menambah armada pengangkut sampah untuk meningkatkan pengelolaan sampah.

Saat ini Dinas LH memiliki 16 unit armada pengangkut sampah, 6 unit bak sampah dan 20 kontainer sampah. Jumlah ini memang masih belum ideal untuk pengangkutan sampah, karenanya tahun 2019 akan kembali dilakukan penambahan.

Tahun 2019 akan ditambah armada pengangkut sampah yaitu satu unit bersumber dari Dana Alokasi Khusu (DAK) Pemerintah Pusat dan tiga unit dari APBD Tabalong.

Baca: Link Live Streaming Debat Capres ke-4 Pilpres 2019 di Trans7, Metro TV Indosiar Mulai Jam 20.00 WIB

Keempat unit ini nantinya akan membantu pengangkutaan sampah di sekitaran kota Tanjung dan meluas ke kecamatan.

Rowi menambahkan kontainer juga masih perlubditambah untjk diletakkan di fasilitas umum yang fungsinya akan sama dengan TPS namun lebih mudah karena langsung angkut dan bisa menampung banyak sampah. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved