Ekonomi dan Bisnis

Pemasaran Via Instagram, Jasa Cuci Mobil Panggilan di Banjarmasin Ini Punya 250 Pelanggan Tetap

Demi meningkatkan daya tarik konsumen, Fajar sapaan akrabnya, berencana menggaet kerjasama dengan selebgram banua dalam bentuk endorse.

Pemasaran Via Instagram, Jasa Cuci Mobil Panggilan di Banjarmasin Ini Punya 250 Pelanggan Tetap
banjarmasinpost.co.id/mariana
Jasa Cuci Mobil Panggilan di Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jasa cuci mobil di Banjarmasin mengalami persaingan dari tahun ke tahun. Semakin meningkatnya jenis usaha ini, sebagian pengusaha mulai mengembangkan inovasi yang bersifat distingtif.

Seperti yang dikembangkan Axietrus Car Wash, yang bertempat di Jalan Pembangunan 1, Banjarmasin. Dijelaskan Owner Axietrus Car Wash, Surya Fajar, pihaknya membukan jasa cuci mobil panggilan ke rumah-rumah maupun kantor.

"Sejak awal berdiri Oktober 2018 lalu, kami saat ini sudah memiliki 250 pelanggan tetap, hasil dari pemasaran lewat platform online, yakni sosial media Instagram," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Di akun instagram tersebut, Axietrus Car Wash mendokumentasikan proses cuci mobil di rumah pelanggan. Baik foto maupun video yang dishare sudah mendapat izin dari pelanggan.

Demi meningkatkan daya tarik konsumen, Fajar sapaan akrabnya, berencana menggaet kerjasama dengan selebgram banua dalam bentuk endorse.

Baca: Minat Investasi SBR006 Mulai Rp 1 Juta? Dijamin Negara, Ini Keunggulannya 

Baca: Festival Pasar Terapung dan Loksado Masuk Kalender Wisata Nasional, Ini 33 Event Wisata Kalsel 2019

Saat ini cuaca terbilang ekstrim, kadang hujan kadang kemarau. Diakuinya, saat musim hujan justru peminat di tempatnya cenderung turun. Sebaliknya, saat musim kemarau orderan terus berdatangan.

"Kalau musim hujan itu kan kemungkinan mobil bisa kotor lagi kalau dicuci, karena itu mungkin pelanggan merasa rugi. Kalau musim kemarau justru kami kebanjiran orderan," ungkap dia.

Orderan yang paling jauh yang pernah memakai jasa Axietrus yakni di Jalan A Yani KM 10, dan kawasan Handil Bakti, kendati demikian harga yang dipatok sama dengan kawasan Banjarmasin yakni seharga Rp 45.000.

Dalam sehari Axietrus mendapatkan sekitar 12 pelanggan. Proses cuci mobil yang dilakukan fokus pada bagian dalam dan luar mobil menggunakan sabun khusus dan salju. Yang menjadi kendala saat ini pada bagian bawah mobil yang dikatakannya belum maksimal.

"Selama April kami memberikan promo pada pelanggan loyal, berupa 10 kali cuci gratis satu kali. Ada pula bonus perawatan, cuci body mobil, cuci mesin, wax body dan bersihkan jamur di kaca," tukasnya.

Menanggapi adanya persaingan baru jasa cuci mobil panggilan, BC Carwash yang beralamat di Jalan Belitung Darat punya strategi khusus.

Baca: Taktik Syahrini Agar Cepat Dinikahi Eks Luna Maya, Reino Barack Diungkap Incess ke Jessica Iskandar

Baca: Bukan Verrell Bramasta, Sosok Pacar Idaman Natasha Wilona Akhirnya Terungkap, Ini Faktanya

Owner BC Carwash, H Sutarno mengatakan, pihaknya tidak menaikkan harga secara agresif layaknya tempat usaha cuci mobil lainnya. Saat ini harga cuci di tempatnya mulai Rp 40.000.

"Kami mengutamakan kepuasan pelanggan, kualitas cuci kami upayakan tetap konsisten agar tidak membuat pelanggan kecewa. Terutama barang yang ada di dalam mobil jangan sampai ada yang hilang," ujarnya.

Selain itu ditambahkan Sutarno, dia juga kerap menjalin keakraban dengan pelanggan, agar si pelanggan merasa nyaman dan terus menggunakan jasanya.

Dalam sehari pelanggan yang datang sekitar 10-15 orang. Saat musim hujan diakuinya bisa lebih ramai mencapai 20 pelanggan. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved