Berita HSS

Guru SMAN 3 Kandangan Sediakan Sarapan Buat Peserta UNBK, Ini Menu Kuliner yang Disiapkan

Hari pertama UNBK, siswa SMAN 3 disediakan sarapan bubur kacang hijau plus kue tradisional.‎

Guru SMAN 3 Kandangan Sediakan Sarapan Buat Peserta UNBK, Ini Menu Kuliner yang Disiapkan
(istimewa/Humas SMAN 3 Kandangan)
Siswa peserta UNBK di SMAN 3 Kandangan antre masuk ruang ujian, Senin (1/4/2019). Sebelumnya mereka sarapan bersama dengan menu sarapan disediakan pihak sekolah secara gratis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Para guru di SMAN 3 Kandangan, begitu peduli terhadap kesehatan siswanya yang mengikuti UNBK 2019.

Mulai hari pertama sampai empat hari kedepan sejak Senin (1/4/2019), mereka menyiapkan sarapan pagi, agar mereka bisa menjawab soal dengan tenang dengan kondisi kesehatan yang baik. Hari pertama, siswa disediakan sarapan bubur kacang hijau plus kue tradisional.‎

Kebijakan tersebut, sekaligus mengantisipasi ada siswa yang tak sempat sarapan di rumah, mengingat sebagian siswa ada yang tak ngekos, meski tinggal di desa terpencil di Kecamatan Loksado.

Baca: Kabar Bupati Kapuas Terjaring OTT Langsung Viral di Medsos, Ini Keterangan Humas Polda Kalteng

Baca: Banjir di Desa Padang Mihu, Pelajar SMA Kecamatan Juai Sempat Dievakuasi Untuk Ikut UNBK

Baca: [NEWSVIDEO] Jembatan Kayutangi Resmi Ditutup Total

Baca: Sebelum Diambil sumpah, Begini Perjuangan 35 Apoteker

Padahal, UNBK dimulai pukul 07.30 wita. Adapula yang tiap hari sebelum kesekolah membantu orangtuanya bekerja.

"Contohnya hari ini, ada salah satu siswa kami terlambat datang terlambat, karena membantu orangtuanya yang berjualan di pasar subuh,"kata Eriani, Sekretaris panitia UNBK SMAN 3 Kandangan, yang juga guru di sekolah tersebut kepadabanjarmasinpost.co.id

Dijelaskan, kebanyakan siswa di sekolah tersebut dari golongan ekonomi belum sejahtera, baik bekerja sebagai petani, serabutan maupun pedagang kecil. Mereka dari desa terpencil di Loksado maupun dari Kota Kandangan.

Tak hanya saat UNBK, sehari-hari pun mereka sering terlambat, karena menempuh waktu satu jam lebih mencapai sekolah, bagi yang tinggal di Loksado.

"Kami tak bisa menyalahkan, namun tetap meminta mereka mengupayakan disiplin dengan waktu. Di sisi lain, kami bersyukur mereka tetap mau sekolah di tengah berbagai keterbatasan keluarga mereka,"kata Eriani.

Dijelaskan, untuk siswa dari desa terpencil, sebagian ada yang mampu bayar kost sehingga tinggal di Kandangan. Namun, ada beberapa yang terpaksa bolak balik, dengan alasan membantu orang tua bekerja sebelum ke sekolah.

"Kami sarankan sementara menghadapi ujian, agar numpang tidur di rumah kost temanya,"beber Eriani.

Sementara, ujian pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, berjalan lancar. Ada 107 peserta UNBK yang dibagi dua sesi, karena jumlah komputer dimiliki sekolah hanya 55 unit. Menurut Eriani, semua siswa mengerjakan soal dengan serius, dan baru keluar ruangan ketika waktunya habis.

"Alhamdulillah, untuk gangguan teknis hari ini tidak ada. Internet lancar dan listrik tak padam,"katanya.

Humas SMAN 3 Kandangan, Tati Hartati menjelaskan, mengingat latar belakang siswa yang jarak rumahnya dengan sekolah pada umumnya cukup jauh, serta antisipasi anak didik tak sempat sarapan pihak sekolah berinisiatif menyediakan sarapan pagi gratis untuk seluruh siswa.

Baca: Tiga Pembunuh Warga Kampung Arab Masing-masing Divonis 19 Tahun Penjara di PN Banjarmasin

Baca: Best Western Hotel Sediakan Aneka Masakan Iga, Tinggal Pilih Dari Yang Berkuah Hingga Dibakar

"Sebelum masuk ruang ujian kami ajak sarapan dulu, agar secara fisik dan mental siap dan berdampak positif terhadap hasil ujian, karena kondisi tubuh tetap fit berkat sarapan,"katanya. Dijelaskan di sekolah tersebut hanya ada dua jurusan yaitu IPA dan IPS.

Sebelum ujian dimulai, pagi tadi PLT Kepsek SMAN 3 Kandangan menyampaikan arahan kepada pengawas ruangan, dan meminta dukungan pantia, pengawas serta staf pengajar menyukseskan UNBK 2019, yang merupakan tahun ketiga, sekolah tersebut melaksanakan secara mandiri secara online. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved