Ekonomi dan Bisnis

Harga Emas Turun, Gadai dan Cicil Emas di Banjarmasin Meningkat

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi.

Harga Emas Turun, Gadai dan Cicil Emas di Banjarmasin Meningkat
tribunnews.com
gadai emas bsm 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pada awal April 2019, harga emas terkoreksi. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Area Micro & Pawning Manager Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Banjarmasin, Muhammad Denny Ramadhan mengatakan, adanya kecenderungan penurunan harga emas seperti saat ini membuat transaksi gadai dan cicil alami peningkatan.

"Kalau jual ke pasar kemungkinan rugi, karena untuk perhiasan cukup banyak potongan harga. Hampir di semua tempat perusahaan lain cukup ramai, orang-orang menggadaikan emas," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Dikatakannya, BSM hanya menerima gadai dan cicil emas kuning dengan kadar mulai 16 karat atau emas 700 hingga 24 karat. Minimal pinjaman senilai Rp 500.000 atau hampir seharga 1 gram emas hingga Rp 250 juta atau setara 500 gram emas.

Baca: Pemerintah Kalsel Targetkan Serap Beras Petani di Banua Sebanyak 22 Ribu Ton Tahun 2019

"Proses gadai per 15 hari maksimal hingga jangka waktu empat bulan. Setelah sudah empat bulan kami akan konfirmasi lagi ke nasabah apakah diperpanjang atau dilunasi," ujarnya.

Mengenai masa Pemilu Pilpres 2019 ini, Denny memprediksi harga emas akan naik drastis. Sebab diungkapkannya, dari tahun ke tahun periode pilpres lima tahun sekali, harga emas selalu mengalami kenaikan hingga 100 persen.

Per hari ini harga emas di BSM senilai Rp 570.000 per gram, harga ini sesuai dengan harga tafsiran standarisasi dari BSM. Denny menyebutkan setiap tahunnya kenaikan harga emas mencapai 13 persen.

Sementara itu, di Butik Emas Logam Mulia (LM) Banjarmasin, harga emas juga alami penurunan. Dijelaskan Kepala Butik LM Banjarmasin, Thamrin Latif, harga per bulan April kembali normal.

"Untuk April ini belum ada promo, belum ada petujuk dari kantor Pusat Jakarta. Berbeda dari Maret lalu yang menggunakan harga pabrik," tuturnya.

Per hari ini, harga emas antam seharga Rp 675.000 per gram, untuk 3 gram seharga Rp 1.931.000, 5 gram senilai Rp 3.193.000, 50 gram seharga Rp 30.981.000, dan 100 gram Rp 61.811.000. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved