Berita Tabalong

Kodim 1008/Tanjung Renovasi Kelas dari Rusak Sedang Hingga Parah Lewat Program TMMD

Kodim 1008/Tanjung melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) melakukan perbaikan ruang kelas rusak di SDN Danau.

Kodim 1008/Tanjung Renovasi Kelas dari Rusak Sedang Hingga Parah Lewat Program TMMD
HO/Kodim 1008/Tanjung
Ruang kelas V SDN Danau, Kecamatn Haruai, yang diperbaiki oleh jajaran Kodim 1008 Tanjung lewat program TMMD. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kodim 1008/Tanjung melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) melakukan perbaikan ruang kelas rusak di SDN Danau Kecamatan Haruai yaitu di ruang kelas VI. Sedangkan ruang kelas IV dan V juga memerlukan perbaikan yabg recaanbya akan dilakukan perbaikan menggunakan dana dari Pemerintah Pusat.

Perbaikan ruang kelas yang telah dilakukan di SDN Danau oleh Kodim 1008/Tanjung di ruang kelas VI adalah perbaikan lantai, dindinf dan atap. Sama halnya dengan kerusakan di ruang kelas IV dan V yaitu dibagian dinding dan atap.

Atap yang sudah rusak mengakibatkan bocor saat turun hujan. Siswa harus menggeser meja dan kursi agar tidak terkena tetesan air hujan yang memasuki ruangan. Aslamiah wali kelas VI SDN Danau berharap perbaikan ruang kelas bisa dilakukan secara menyeluruh yaitu disetiap ruang kelas yang memang sudah rusak. "Ruang kelas IV dan V serta perpustakaan diharapkan bisa dilakukan perbaikan," ujarnya.

Pemerintah Daerah Tabalong melalui Dinas Pendidikan juga memiliki program untuk renovasi ruang kelas.

Perbaikan ruang kelas menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah pusat. Untuk tahun 2019 Dinas Pendidikan mendapatkan anggaran Rp 38,5 miliar untuk renovasi ruang kelas.

Baca: Hulu Sungai Tengah Raih 4 Emas dan Satu Perunggu di Hari Pertama Popda Kalsel 2019

Baca: Terungkap, Ini Dugaan Penyebab kebakaran Rumah di Kuin Cerucuk, Saksi dengar Ledakan

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong Zainal Dahli mengatakan perbaikan ruang kelas dilakukan mulai dari yang rusak sedang hingga rusak berat.

Dinas Pendidikan telah melakukan pendataan terhadap kondisi ruang kelas melalui Dapodik. Sekolah yang twlah mengajukan permohonan perbaikan kelas telah dilakukan verifikasi untuk mengetahui kondisi sekolah terkini.

Dengan anggaran Rp 38,5 miliar ada 178 ruang kelas yang bakal direnovasi. "Perbaikan khusus untuk sekolah dasar ditargetkan dapat memperbaiki ruang kelas di 53 kelas dengan jumlah 178 ruangan," ujarnya.

Tak hanya ruang kelas, perbaikan juga bisa digunakan untuk ruang guru, toilet dan perpustakaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah.

"Ada juga yang digunakan untuk pengadaan buku perpustakaan, peralatan olahraga dan alat kesenian tradisional, perbaikan juga dilakukan untuk tiga ruang kelas di sekolah inklusif," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved