Berita Tabalong

KPU Tabalong Dahulukan Distribusi Logistik Pemilu 2019 ke Daerah Terpencil Sampai Kecamatan

Pihak KPU melakukan distribusi sampai ke pihak kecamatan, sesuai dengan aturan nantinya pihak kecamatan yang akan membantu menyalurkan ke tiap TPS.

KPU Tabalong Dahulukan Distribusi Logistik Pemilu 2019 ke Daerah Terpencil Sampai Kecamatan
banjarmasinpost.co.id/reni kurnia wati
Pelipatan surat suara Logistik Pemilu 2019 di KPU Tabalong, beberapa waktu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabalong telah selesai melakukan pelipatan surat suara. Dan saat ini telah masuk dalam proses pengepakan serta pembuatan dalam sampul.

Ketua KPU Tabalong Ardiansyah mengatakan setelah melibatkan makasiswa STIA Tabalong proses pelipatan surat suara telah selesai dilakukan dan saat ini lanjut untuk pengepakan.

Sedangkan untuk distribusi surat suara masih belum ditentukan waktu pelaksanaannya. Ardiansyah mengatakan untuk beberapa desa di dua kecamatan yaitu Bintang Ara dan Muara Uya nantinya akan disalurkan terlebihdulu mengingat kondisi jalan serta infrastruktur yang sukit untuk dijangkau.

Pihak KPU melakukan distribusi sampai ke pihak kecamatan, sesuai dengan aturan nantinya pihak kecamatan yang akan membantu menyalurkan ke tiap TPS.

"Kami akan melakukan koordinasi mengenai teknis dalam pendiatribusian logistik pemilu di daerah terpencil khususnya di Kecamatan Muara Uya dan Bintang Ara," ujarnya.

Baca: KPU : Caleg Boleh Iklan Kampanye Asal Sebagai Pelaksana Kampanye Parpol Peserta Pemilu 2019

Ardiansyah menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan pihak terkait termasuk camat mengenai kondisi jalan dan sara yang bisa digunakan untuk mengangjut logistik.

Diketahui sebelumnya telah dilakukan pelipatan surat suara yang dibantu mahasiswa yaitu jumlah surat suara yang dilipat adalah untuk surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara DPD dan surat suara pemilu DPR Dapil Kalimantan Selatan 1 serta surat suara Pemilu DPRD Provinsi Dapil Kalimantan Selatan masing masing berjumlah 179.675 lembar.

Sedangkan untuk surat suara Pemilu DPRD Dapil 1 berjumlah 42.919 lembar, Dapil 2 berjumlah 44.796 lembar, Dapil 3 59.611 dan Dapil 4 36.350 lembar.

Mahasiswa yang membantu dalam pelipatan surat suata mendapatkan insentif berdasarkan surat suaranya, untuk surat suara dari DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten diberi Insentif Rp 100 rupiah perlembar, untuk surat suara DPP Rp 75 rupiah perlembar sedangkan surat suara pemilihan presiden Rp 50 perlembar. Disesuaikan dengan kesulitan pelipatan, insentif juga akan dikenakan pemotongan pajak empat persen. (Banjarmasinpost.co.id/ Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved