Kesehatan

Begini Cara Mengobati Jika Terserang Kutu Air, Menurut Saran dr Vina Dwiana

Bagi wanita yang biasa pakai alas kaki terbuka macam high heels, selop, sandal teplek dan sejenis, penyakit di kaki ini akan menurunkan kepercayaan.

Begini Cara Mengobati Jika Terserang Kutu Air, Menurut Saran dr Vina Dwiana
istimewa
dr Vina Dwiana 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah, mengelupas, nyeri pada kaki. Itulah penyakit disebabkan kutu air. Pastinya jika kaki terkena kutu air, akan memengaruhi penampilan.

Bagi wanita yang biasa pakai alas kaki terbuka macam high heels, selop, sandal teplek dan sejenisnya, penyakit di kaki ini akan menurunkan kepercayaan diri.

dr Vina Dwiana, Dokter Spesialis Kulit, RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin, mengatakan, kutu air adalah sebutan untuk sejumlah penghuni air yang bukan serangga, tidak sebagai parasit, dan nama ilmiahnya adalah Cldocera.

Yang sering disebut sebagai penyakit kutu air adalah kondisi timbulnya selaput putih pada sela jari yang biasanya disebabkan adanya jamur di sela jari.

Sela jari ini adalah lokasi favorit timbulnya jamur. Dan kutu air akan hidup dengan subur, gejala gatal akan timbul dan kulit sekitarnya biasanya terkelupas.

Baca: Trik Perbaiki Postur Tubuh Buruk, Terapis Fisik Dokter Sarah Kostyukovsky Beri 4 Saran Ini

dr Vina berbagi tip mengobati kutu air, yakni ada beberapa cara, tergantung tingkat keparahannya. Bila ringan, jaga jari kaki jangan terlalu lembab, jari kaki boleh dioles salep antijamur.

Mengurangi kulit mengelupas, bisa dengan merendam kaki dengan air, cuka, garam kurang lebih 15-20 menit.

Bila parah, beri salep anti jamur dan obat minum, juga anti jamur di bagian sela-sela jari kaki, bisa juga di sela-sela jari tangan.

Mencegahnya kutu air, jaga kebersihan kaki. Keringkan baik setelah terkena air. Ganti kaus kaki sesering mungkin dan gunakan kaus berbahan katun.

Sepatu yag berbahan alami yaitu terbuat dari kulit. Jangan menggunakan pelembab untuk kaki. Gunakan bedak anti jamur untuk kaki. Selalu gunakan alas kaki saat berolahraga.

Baca: Balasan Menohok Kakak Dewi Perssik Usai Istri Angga Wijaya Dituduh Pelit Oleh Tante Rosa Meldianti

Dampak yang sering terjadi bila kena kutu air dan tidak segera diobati, maka akan timbul bau tidak sedap dinkulit kaki dan sekitarnya.

Kulit akan terkelupas karena terlalu basah dan akan timbul infeksi bakteri, bisa pula muncul nanah di lokasi yang terkena kutu air tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved