Bumi Antaluddin

Hadiri Syukuran Panen Padi Gogo, Bupati HSS Imbau Petani Manfaatkan Lahan Eks Galian C

Kelompok Tani Abadi di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar syukuran panen padi gogo

Hadiri Syukuran Panen Padi Gogo, Bupati HSS Imbau Petani Manfaatkan Lahan Eks Galian C
Humas Pemkab HSS
Bupati HSS H Achmad Fikry turun ke sawah untuk memanen padi dalam rangka syukuran panen padi gogo di Desa Malutu, Padang Batung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kelompok Tani Abadi di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar syukuran panen padi gogo dengan varietas benih duyung.

Panen perdana padi gogo tersebut dilakukan Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry bersama Ketua Komisi II DPRD HSS Safriansyah, Plt.Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten HSS HM Noor dan Plt.Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Tedy Soetedjo, Selasa 2 April 2019.

Hadir pula Dandim 1003/Kdg Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, SKPD terkait, jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Camat Padang Batung H Akhmad Suriani, para Penyuluh Pertanian di Kecamatan Padang Batung, Ketua Kelompok Tani se Kecamatan Padang Batung dan masyarakat Desa Malutu.

Pada kesempatan itu, Bupati dalam rangkaian kegiatan syukuran menyerahkan bingkisan kepada pemilik lahan serta menggelar dialog dengan petani. Sebelumnya, dalam sambutannya Fikry menyatakan masyarakat HSS sepatutnya bersyukur karena lahan pertanian di HSS sangat subur, khususnya di pegunungan, sudah ada yang panen.

Bupati HSS H Achmad Fikry Bersama jajaran pemerintahan turun ke sawah
Bupati HSS H Achmad Fikry Bersama jajaran pemerintahan turun ke sawah (Humas Pemkab HSS)

"Semoga siklus tanam dan panen ini bisa stabil”, ujar Bupati.

Fikry menyebut, petani adalah pejuang pembangunan yang sepatutnya semua bersyukur karena mereka mau bercocok tanam.

"Saya ingin lebih banyak mendengar apa keinginan dari bapak ibu petani. Namun tidak semua keinginan bisa dipenuhi karena pemerintah harus mengedepankan skala prioritas dalam pembangunan. Secara pengalaman, petani di sini lebih berpengalaman dari pada para petugas lapangan maupun Dinas terkait”, katanya.

Bupati menjelaskan saat ini Pemkab HSS mendorong pertanian organik agar terhindar dari zat kimia. Baik berupa pupuk, maupun perawatan tanaman selama bercocok tanam.

Usai panen, Fikry mengimbau pemanfaatan lahan eks galian C untuk tanaman padi gogo, karena lahan tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

Menurutnya, upaya pemerintah mensejahterakan petani saat ini dengan menugaskan Dinas Sosial bekerjasama dengan Dinas Pertanian membuat regulasi, terkait pembelian beras masyarakat selain beras organik maupun beras non organik bagi penerima program beras sejahtera.

Bupati HSS H Achmad Fikry berdialog dengan petani
Bupati HSS H Achmad Fikry berdialog dengan petani (Humas Pemkab HSS)
Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved