Berita Tanahlaut

Mainkan Lagu Kebangsaan di Kantor Polsek Kintap Ternyata Ini Tujuannya

Suasana tak biasa terlihat begitu masuk Polsek Kintap, Kabupaten Tanahlaut. Jika biasanya kantor Polsek tampak tenang dan hanya ada aktifitas

Mainkan Lagu Kebangsaan di Kantor Polsek Kintap Ternyata Ini Tujuannya
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Kapolsek kintap AKP Teguh Senang Perdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia di kantor Polsek Kintap. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Suasana tak biasa terlihat begitu masuk Polsek Kintap, Kabupaten Tanahlaut. Jika biasanya kantor Polsek tampak tenang dan hanya ada aktifitas polisi, kali ini berbeda. Irama lagu kebangsaan terdengar jelas hingga ke jalan raya.

Lagu kebangsaan yang berasal dari sound sistem yang dipajang di pintu utama Polsek Kintap diperdengarkan jelas hingga ke arah jalan, sehingga siapapun yang melintas akan mendengar lagu kebangsaan itu diputar.

Memang terang Kapolsek Kintap, AKP Teguh Siswoyo ide untuk memainkan lagu kebangsaan di halaman kantor Polsek baru-baru ini dilakukan agar menjaga kesatuan dan memupuk semangat nasionalisme masyarakat.

"Ini awalnya dimainkan setiap pagi waktu apel, sejak pukul 7 sampai pukul 9 pagi, tapi akhir-akhir ini kita mainkan bahkan bisa sampai sore," terangnya kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (3/4/2019).

Baca: Live Streaming Indosiar! Persebaya vs Madura United, Bonek Hantui Andik di Laga Piala Presiden 2019

Baca: Selain Freelancer Online, Ternyata Zaida Juga Pernah Sumbang Komik di Webtoon Loh!

Pasalnya lagu-lagu kebangsaan sebut AKP Teguh sudah sulit didengar di dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Lagu kebangsaan biasanya hanya dimainkan di acara resmi. Itupun hanya lagu Indonesia Raya dan tidak ada lagi kebangsaan Indonesia lainnya yang dinyanyikan saat acara resmi.

"Beberapa ada yang sebelum acara menyanyikan lagu Padamu Negeri tapi hanya beberapa acara juga, itupun tentu kegiatan resmi itu diikuti kalangan tertentu saja, tidak masyarakat umum," sebutnya.

Oleh karenanya terobosan mengumandangkan lagu kebangsaan di kantor Polsek terangnya demi membangkitkan semangat persatuan dan nasionalisme masyarakat. Terlebih di saat ramainya ujaran kebencian, kasus politik dan masa-masa jelang pemilu.

Dengan sering mendengarkan lagu kebangsaan AKP Teguh juga berharap agar masyarakat Kalsel khususnya Kecamatan Kintap bisa lebih menghargai kemerdekaan kini dan menghargai jasa pahlawan yang rela gugur di medan perang untuk meraih kemerdekaan.

"Perjuangannya mungkin sekarang beda, tidak lagi berjuang dengan senjata tapi berjuang untuk mengisi kemerdekaan dengan pikiran positif, kreativitas dan mencintai NKRI," tambahnya.

Selain lagu kemerdekaan misalnya Hari Merdeka, Indonesia Raya, juga dimainkan lagu Padamu Negeri, dan Berkibar lah Benderaku.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved