Ekonomi dan Bisnis

Jelang Pemilu, Penjualan KPR di Kalsel Tak Alami Lonjakan Signifikan

Momen Pilpres 2019 tidak memiliki pengaruh yang besar bagi penjualan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Jelang Pemilu, Penjualan KPR di Kalsel Tak Alami Lonjakan Signifikan
Istimewa/PT Jofa Dini Lestari.
Hunian KPR bersubsidi di Banjarmasin dan sekitarnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemilihan Umum (Pemilu) yang mencakup Pilpres dan Pileg 2019 bakal dilaksanakan sekitar dua pekan lagi. Momen tersebut tidak memiliki pengaruh yang besar bagi penjualan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejumlah developer perumahan di Kalsel belum merasakan dampak pilpres yang digelar lima tahun sekali.

Dijelaskan Direktur Utama (Dirut) PT Mahatama Properti Group, Royzani Sjachril, penjualan masih normal belum ada peningkatan atau penurunan.

Baca: Istri Irwan Mussry, Maia Estianty Bagikan Kisah Sedih Dibalik Foto Al El Dul? Kisah Dhani & Mulan

Baca: Takut Diserahkan Mendadak, Kadis Perkimtan Tanahbumbu Mulai Data Calon Penghuni Rusunawa

Baca: Polres HSS Peringati Isra Miraj, Guru Syairazi Sampaikan Tusyiah dan Ucapkan Terima Kasih

Baca: Selain Irish Bella & Ammar Zoni, Para Selebriti Ini Juga Akan Menikah di 2019, Sule & Naomi Zaskia?

"Masih normal seperti biasa karena kebanyakan untuk rumah bersubsidi, sudah diatur oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR," jelas Roy sapaan akrabnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (4/4/2019).

Hingga melewati triwulan pertama 2019, Roy yang juga sebagai Ketua DPD REI Kalsel mengungkapkan, penjualan KPR di Mahatama Group sudah mencapai 15 persen dari target 10.000 unit rumah. Raihan tersebut menyamai awal tahun 2018 lalu.

Terkait, segmentasi pasar yang menjadi debitur di tempatnya, mayoritas didominasi bagi yang sudah berkeluarga karena peruntukkan rumah subsidi untuk keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Saat ini Mahatama Group telah memasarkan KPR bersubsidi tipe 36 di wilayah Martapura, Kabupaten Banjar, dan Puntik, Baritokuala. Serta di wilayah Banjarmasin yang sudah lebih dulu dipasarkan.

Senada dengan Mahatama Group, debitur di PT Anugerah Fuja Perdana pun mayoritas masih dari kalangan yang sudah bekeluarga.

"Dari Februari-Maret 2019, segmen pasar yang banyak menjadi debitur di kalangan yang baru menikah dan punya anak satu. Rata-rata usia mereka di 25 tahun hingga 33 tahun," papar Dirut PT Anugerah Fuja Perdana, M Fikri.

Sehingga, untuk menarik perhatian generasi milenial, Fikri memberikan promo menarik yakni gratis tabungan senilai Rp 2,5-3 juta di bank bagi yang belum menikah.

Baca: Denny Sumargo Ungkap Wanita Idamannya Usai Bantahan Dita Soedarjo Soal Luna Maya, Chelsea Islan?

Baca: Keterangan Resmi KH Maruf Amin Soal Ahok BTP Sumber Konflik yang Videonya Viral

Baca: Jelang MotoGP Amerika 2019, Ini yang Ditakutkan Marc Marquez pada Sosok Valentino Rossi

Terkait memasuki bulan Pemilu yang dilaksanakan pada 17 April nanti, diakuinya penjualan normal seperti biasa, tidak ada peningkatan dan penurunan.

"Kalau dibandingkan dengan awal tahun kemarin, lebih banyak di awal tahun dikarenakan rumah-rumah yang belum sempat akad di akhir tahun kemarin diakad-kreditkan di awal tahun ini," jelasnya.

PT Anugerah Fuja Perdana telah memasarkan perumahan di wilayah Banjarmasin, Kabupaten Banjar, dan Baritokuala. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved